Ini Dia Daftar FIFA FIFPro World XI 2018 - Tanpa Kiper Terbaik Dunia

By Verdi Hendrawan - Selasa, 25 September 2018 | 04:25 WIB
Mantan pemain timnas Brasil Ronaldinho (kiri) bersama eks penggawa timnas Jerman Michael Ballack (kanan) dan aktor Inggris yang menjadi pembawa acara Idris Elba (keenam dari kiri) berfoto bersama (kiri-kanan) Dani Alves, Sergio Ramos, Luka Modric, Eden Hazard, Kylian Mbappe, N'Golo Kante, Marcelo, Raphael Varane dan David de Gea yang meraih penghargaan FIFA FIFPro World XI 2018 yang digelar di Royal Festival Hall, London, Inggris, pada Senin (24/9/2018). (BEN STANSALL / AFP)

FIFA telah merilis daftar 11 nama pemain yang masuk ke dalam starting XI terbaik pada 2018. Uniknya, dari 11 nama pemain tersebut tidak tercantum sosok kiper yang dinobatkan sebagai yang terbaik edisi 2018, Thibaut Courtois.

Dari 11 nama pemain yang tergabung ke dalam FIFA FIFPro World XI 2018, hanya 4 di antaranya yang berasal dari Real Madrid.

Mereka adalah Sergio Ramos, Marcelo Vieira, Raphael Varane, dan Luka Modric.

Jumlah ini merosot ketimbang tahun lalu, di mana ada 5 pemain Real Madrid yang mendominasi daftar FIFPro 2017.

Klub lain yang menjadi penyumbang pemain terbanyak di daftar FIFA FIFPro World XI 2018 kali ini adalah Paris Saint-Germain (PSG) dan Chelsea dengan dua pemain.

(Baca Juga: Kiper Timnas Inggris Kagum pada Kualitas David de Gea)

PSG diwakili oleh Dani Alves dan Kylian Mbappe, sementara Chelsea menyertakan Eden Hazard dan N'Golo Kante.

Uniknya di posisi penjaga gawang, kiper timnas Spanyol dan Manchester United, David De Gea, terpilih masuk.

Padahal sebelum FIFA FIFPro World XI 2018 diumumkan, kiper timnas Belgia dan Real Madrid, Thibaut Courtois, terpilih menjadi penjaga gawang terbaik dunia edisi 2018 mengalahkan Kasper Schmeichel (Denmark/Leicester City) dan Hugo Lloris (Prancis/Tottenham Hotspur).