Hitung-hitungan Peluang Lolos Negara Asia ke Piala Dunia 2018, Siapa Susul Iran?

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Senin, 28 Agustus 2017 | 22:37 WIB
Para pemain timnas Arab Saudi merayakan kemenangan atas timnas Thailand dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, Kamis (23/4/2017). (ROBERTO SCHMIDT/AFP)

Dengan Iran yang sudah mengamankan satu tiket ke Piala Dunia 2018, masih ada tiga tiket lolos langsung yang diperebutkan oleh negara-negara dari Asia di babak kualifikasi.

Pada putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Asia, tersisa 12 negara yang terbagi menjadi dua grup yang diisi masing-masing enam tim.

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan langsung lolos ke Piala Dunia, sedangkan tim yang menempati peringkat tiga akan bertarung di babak play-off sebelum kemudian bertanding dengan tim peringkat empat asal Amerika Utara, Tengah, dan Kepulauan Karibia (zona CONCACAF).

Grup A

Di grup A, Iran memastikan lolos ke putaran final di Rusia tahun depan dengan koleksi 20 poin setelah mengalahkan Uzbekistan di pertandingan kedelapan.

Tim asuhan Carlos Queiroz yang belum terkalahkan itu masih harus bertandang ke Korea Selatan pada pertandingan kesembilan.

Saat ini Korea Selatan menduduki peringkat kedua dengan torehan 13 poin.

Posisi mereka masih diintai oleh Uzbekistan yang bertengger di peringkat tiga dengan selisih satu poin.

Uzbekistan akan melawat ke China yang sudah dipastikan tak bisa lolos langsung ke Piala Dunia tahun depan.

Jika Korea Selatan menang dan Uzbekistan gagal mendapat poin, maka pasukan dari Negeri Ginseng tersebut akan lolos mendampingi Iran.