Potensi Jerman Pertahanan Gelar Piala Dunia

By Wisnu Nova Wistowo - Senin, 13 November 2017 | 02:05 WIB
Legenda sepak bola Jerman, menilai skuat asuhan Joachim Loew mampu negara ketiga yang sanggup mempertahankan gelar Piala Dunia (SASCHA SCHUERMANN / AFP)

Legenda timnas Jerman, Rudi Voeller, menilai bahwa skuat asuhan Joachim Loew mampu menjadi negara ketiga yang sanggup mempertahankan gelar Piala Dunia.

Jerman sukses menjadi juara Piala Dunia 2014 yang berlangsung di Brasil. Itu menjadi titel keempat dalam sejarah mereka.

Namun, menjelang bergulirnya Piala Dunia 2018, terdapat sejumlah negara yang memperlihatkan performa apik di babak kualifikasi.

Brasil, Spanyol, Inggris, Prancis, hingga Belgia merupakan tim-tim yang tampil begitu menjanjikan di babak Kualifikasi Piala Dunia zona masing-masing.

Sementara itu, Jerman sudah mengalami banyak perubahan sejak 2014 dan lebih banyak mengandalkan kualitas pemain muda.

Kendati demikian, Mesut Oezil dkk tetap berhasil mempertahankan performa impresif di bawah arahan Joachim Loew.

Voeller pun optimistis tim berjulukan Der Panzer memiliki peluang besar untuk mempertahankan gelar Piala Dunia.

(Baca Juga: Persib Vs Perseru - Kecewa, Bobotoh Tumpah Ruah Turun ke Lapangan)

"Ya, tentu saja. Upaya tersebut akan rumit karena selain Brasil tidak ada negara lain yang mampu mempertahankan gelar Piala Dunia. Sebelum perang dunia mungkin Italia juga melakukannya, tetapi saat itu hanya lima negara yang berpartisipasi," kata Voeller seperti dilansir BolaSport.com dari FourFourTwo.

"Pada dasarnya hal itu sangat sulit, namun empat tahun lalu sebelum Piala Dunia di Brasil, tidak ada satu pun tim Eropa pernah memenangi titel Piala Dunia di Amerika Selatan," ujar dia.