Seberapa Buruk Catatan Gian Piero Ventura Sebagai Pelatih Timnas Italia?

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Selasa, 14 November 2017 | 08:30 WIB
Pelatih timnas Italia, Gian Piero, mendampingi anak-anak asuhnya saat bermain imbang 0-0 dengan Swedia pada partai kedua play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe MEazza, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. (MARCO BERTORELLO/AFP)

Italia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah hanya mampu bermain imbang dengan Swedia pada leg kedua laga play-off Piala Dunia zona Eropa, Selasa (14/11/2017).

Hasil imbang dengan skor 0-0 tersebut membuat Italia harus gagal lolos setelah pada leg pertama kalah 0-1 dari Swedia.

Bagi sebagian pihak, pelatih tim nasional (timnas) Italia, Gian Piero Ventura, menjadi aktor yang paling bertanggung jawab atas hasil minor yang diraih Negeri Pizza ini.

Padahal jika dilihat dari statistik Ventura sebagai pelatih timnas Italia, hasilnya tak buruk-buruk amat.

Ventura menjadi pelatih timnas Italia pada musim panas 2016 menggantikan Antonio Conte yang meninggalkan timnas setelah hanya mampu mencapai babak delapan besar pada gelaran Piala Eropa 2016.

(BACA JUGA: Italia Vs Swedia - Ada Friksi Ketika De Rossi Diminta Melakukan Pemanasan)

Saat itu Ventura baru saja meninggalkan posnya sebagai pelatih Torino yang sudah diembannya selama lima musim.

Pada laga perdana Ventura melatih timnas Italia, pria yang sekarang berusia 69 tahun tersebut harus menanggung malu setelah kalah 1-3 dari Prancis di kandang sendiri pada sebuah laga persahabatan.

Hasil ini langsung dibayar tuntas oleh Ventura empat hari kemudian saat Italia menang 3-1 atas Israel pada laga pembuka kualifikasi Piala Dunia 2018 grup G zona Eropa.

Dari 10 laga di babak grup ini, Italia berhasil meraih tujuh kemenangan dan dua hasil imbang serta sekali kalah.