Inilah Rekor Buruk Gian Piero Ventura Jika Dipecat dari Timnas Italia

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Selasa, 14 November 2017 | 10:10 WIB
Reaksi pelatih Italia, Gian Piero Ventura, dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa kontra Albania di Stadion Loro Borici, Shkoder, pada 9 Oktober 2017. (DIMITAR DILKOFF / AFP)

Pelatih tim nasional (timnas) Italia menjadi sosok yang paling diperhatikan saat ini setelah gagal membawa Italia gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018.

Italia dipastikan gagal lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah hanya mampu bermain imbang dengan Swedia pada leg kedua laga play-off Piala Dunia zona Eropa, Selasa (14/11/2017).

Hasil imbang dengan skor 0-0 tersebut membuat Italia harus gagal lolos setelah pada leg pertama kalah 0-1 dari Swedia.

Nasib Ventura sebagai nahkoda tim berjuluk Gli Azzurri pun menjadi tak jelas.

(BACA JUGA: Italia Baru akan Kembali Menjadi Tim Besar pada 2030?)

Kegagalan tersebut lantas membuat masa depan Ventura yang masih terikat kontrak hingga 2020, diragukan.

"Pengunduran diri? Kami akan berbicara dengan federasi seperti biasa. Satu yang pasti, ada hubungan baik dengan Presiden FIGC Carlo Tavecchio dan seluruh orang di federasi," kata Ventura.

Jika kemudian Ventura mengundurkan diri atau diberhentikan sebagai pelatih timnas Italia, ia akan menjadi pelatih dengan jumlah pertandingan tersedikit dalam sejarah Italia.

Sejak ditunjuk menangani Gianluigi Buffon dkk pada 2016 menggantikan Antonio Conte, Ventura sudah menukangi Italia 16 kali pada laga resmi.

Jumlah ini adalah yang tersedikit dibanding para pendahulunya.