Italia Gagal Lolos ke Piala Dunia 2018, Ratusan Miliar Rupiah Hangus

By Beri Bagja - Selasa, 14 November 2017 | 18:58 WIB
Halaman muka surat kabar olahraga terbesar Italia, Tuttosport, La Gazzetta dello Sport, dan Corriere dello Sport, terbitan 1 4 November 2017 yang menampilkan tragedi kegagalan timnas Italia lolos ke Piala Dunia 2018. (ANDREAS SOLARO / AFP)

Kegagalan Italia lolos ke Piala Dunia 2018 bukan cuma menimbulkan tragedi olahraga nasional, melainkan juga bencana finansial bagi timnas Negeri Piza.

Timnas Italia harus mengubur asa tampil pada Piala Dunia 2018 di Rusia.

Daniele De Rossi cs disingkirkan timnas Swedia pada fase play-off dengan agregat 0-1.

Tiket Italia yang terbakar menuju Rusia disertai hilangnya potensi meraup ratusan miliar rupiah yang bisa diperoleh dari berbagai sektor.


Striker timnas Italia, Ciro Immobile, meratapi hasil imbang 0-0 dengan Swedia pada partai kedua play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe MEazza, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.(MIGUEL MEDINA/AFP)

Seperti dikutip BolaSport.com dari Sportmediaset, dana sekiranya 10 juta euro batal masuk kas Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) dari sektor kerja sama sponsor, merchandise, dan berbagai bonus.

Kalau dikonversikan, perkiraan dana raib tersebut setara 158 miliar rupiah. 

Kerugian paling menohok bagi Italia ialah hangusnya potensi mengeruk kucuran dana dari prize money alias uang hadiah keikutsertaan Piala Dunia 2018.

(Baca Juga: Fakta Menarik dari 10 Wakil Eropa yang Lolos ke Piala Dunia 2018)

Menurut data yang diambil BolaSport.com dari situs FIFA, setiap peserta putaran final akan mendapatkan dana kompensasi persiapan 1,5 juta dolar AS.