Lewat Aplikasi Baru dari AFC, Pengaturan Skor Kini Bisa Dilaporkan Lewat Gawai

By Aulli Reza Atmam - Selasa, 21 November 2017 | 21:33 WIB
Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa, berpidato dalam acara peluncuran AFC Integrity Mobile App di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa (21/11/2017). (THE-AFC.COM)

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi meluncurkan aplikasi seluler yang memungkinan setiap orang untuk mengirim laporan mengenai dugaan pengaturan skor dalam aktifitas sepak bola yang berada di bawah kewenangan mereka.

AFC meluncurkan aplikasi terbaru tersebut di Kuala Lumpur, Malaysia, pada Selasa (21/11/2017).

Seperti dikutip BolaSport.com dari situs resmi AFC, aplikasi ini diluncurkan sebagai bagian dari upaya melawan pengaturan skor.

Aplikasi bernama AFC Integrity Mobile App ini diluncurkan melalui kerjasama mereka dengan perusahaan penyedia layanan analisis data olahraga yang berbasis di Swiss, Sportradar.

(Baca juga: Inilah Misi Gelandang Persib untuk Wujudkan Keinginan Tampil di Asian Games 2018)

"Kelangsungan hidup semua olahraga, tidak hanya sepak bola sangat tergantung pada kemampuan kita untuk menjaga dan nilai-nilai fair play dan kejujuran," ujar Presiden AFC, Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa.

"Di bawah slogan One Asia, One Goal, AFC telah memperkuat pentingnya perlindungan terhadap integritas dan menegakkan standar profesional tertinggi dalam semua kompetisi kami."

"Aplikasi ini akan meningkatkan kemampuan deteksi serta jaringan kami yang akan memperkuat usaha kami untuk melawan pengaturan skor," pungkasnya.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, pengguna Android dan Apple bisa mengunduhnya di Google Play dan App Store secara cuma-cuma.

Pengaturan skor memang menjadi isu yang kerap dijumpai dalam sepak bola Asia.