Inilah Aturan FIFA yang Bisa Buat Italia Berlaga di Piala Dunia 2018

By Bagas Reza Murti - Jumat, 24 November 2017 | 11:36 WIB
Gianluigi Buffon terlihat ekspresif saat timnas Italia melawan Swedia pada partai kedua play-off Kualifikasi Piala Dunia 2018 di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB. (MARCO BERTORELLO/AFP)

Italia memang gagal lolos ke Piala Dunia 2018, namun ada satu kondisi dimana juara empat kali Piala Dunia tersebut berpeluang berlaga di Rusia musim panas tahun depan.

Gli Azzurri kalah dengan agregat 1-0 dari dua leg pertanidngan play-off melawan Swedia. Hal ini membuat empat pemain Italia memutuskan untuk gantung sepatu di timnas seperti Gianluigi Buffon, Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli.

Namun terdapat kondisi dimana Italia masih mungkin berlaga di Rusia tahun depan.

Kabar itu muncul setelah terjadi gojang-ganjing di Peru, negara terakhir yang memastikan diri lolos ke Piala Dunia 2018.

Anggota dewan di Peru dikabarkan menuntut untuk mengambil alih kendali federasi sepak bola hingga terpilih pemimpin baru.

Seperti dilansir BolaSport.com dari harian Peru Libero, yang memberitakan anggota dewan Paloma Noceda yang menginginkan hal tersebut.

Intervensi negara dalam badan pemerintahan adalah sesuatu yang bertentangan dengan sikap FIFA. Kasus ini mirip dengan yang dialami Indonesia ketika kompetisi dibekukan oleh FIFA beberapa waktu.

Jika Noceda tetap ingin mengambil alih kendali federasi sepak bola, FIFA bisa mengusir Peru dari Piala Dunia dan menggantinya dengan salah satu tim yang gagal lolos.

(Baca juga: Timnas Italia Masih Bisa Tampil di Piala Dunia 2018 jika Negara Ini Tak Patuh Aturan FIFA)

Begini bunyi aturan FIFA dilansir dari situs resmi FIFA.com.