Solo Resmi Jadi Calon Presiden PSSI-nya Amerika Serikat, Keresahan Hati Ini yang akan Ia Perjuangkan

By Kautsar Restu Yuda - Kamis, 21 Desember 2017 | 19:55 WIB
Kiper tim perempuan AS, Hope Solo, menendang bola dalam pertandingan perempat final Olimpiade Rio 2016 melawan Swedia di Estadio Nacional Brasilia, Brasil, Jumat (12/8/2016) waktu setempat. (EVARISTO SA/AFP)

Mantan kiper tim nasional wanita Amerika Serikat, Hope Solo, termasuk dalam delapan kandidat calon presiden Federasi Sepak Bola Negeri Paman Sam (USSF).

Hope Solo termasuk di antara delapan kandidat yang memenuhi syarat untuk pemilihan presiden bulan Februari dan telah dikonfirmasi oleh USSF, pada hari Rabu waktu setempat (20/12/2017).

Dilansir BolaSport.com dari Goal International, Solo bakal bersaing dengan Paul Caligiuri, Kyle Martino, Eric Wynalda (mantan pemain); Steve Gans dan Michael Winograd (pengacara);Kathy Carter (Presiden Soccer United Marketing); dan wakil presiden USSF, Carlos Cordeiro.

Eksekutif United Premier Soccer League, Paul LaPointe, adalah satu-satunya kandidat yang gagal memenuhi syarat.

(Baca Juga: VIDEO - Menakjubkan! Kualitas Umpan Kiper Manchester City saat Kalahkan Tottenham 4-1)

Solo mengumumkan pencalonan dirinya sebagai Presiden Federasi Sepak Bola AS (USSF) melalui akun Facebook pribadi, pada Kamis (7/12/2017) waktu setempat.

Dalam unggahan di lama Facebbok miliknya, Solo mengutarakan berbagai hal tentang mengapa ia ingin menjadi Presiden PSSI-nya AS tersebut.

Salah satu hal yang ia utarakan adalah kesulitan yang pernah dirasakannya sebagai pesepak bola putri untuk bermain saat muda dan kritiknya terhadap USSF yang dianggap hanya bertujuan mendapat keuntungan finansial semata.

"Kami butuh orang sepak bola dengan keinginan dan kemampuan memimpin sepak bola AS," tulis Solo.