Kisah Asal Muasal Nama Panggilan Ronaldinho Gaucho

By Thoriq Az Zuhri Yunus - Kamis, 18 Januari 2018 | 11:20 WIB
Ronaldinho pamer trofi pemain terbaik dalam pertandingan amal Barcelona Legends vs Manchester United Legends di Camp Nou, Barcelona, 30 Juni 2017. (PAU BARRENA / AFP)

Publik di luar Brasil tak banyak yang mengetahui bagaimana pemain bernama asli Ronaldo bisa kemudian dipanggil Ronaldinho Gaucho.

Ronaldinho baru saja memutuskan pensiun dari dunia sepak bola profesional sebagai pemain.

Sejak memulai karier profesionalnya di Gremio pada 1998, banyak yang kemudian tersihir dengan kemampuannya menggocek bola.

Lalu, bagaimana pemain bernama lengkap Ronaldo de Assis Moreira ini bisa mendapatkan panggilan Ronaldinho Gaucho?

(Baca juga: VIDEO - Elastico Lalu Nutmeg, Skill Fantastis Pemain Muda Chelsea)

"Saat saya mencetak gol pertama untuk timnas Brasil pada 1999, komentator memanggil saya dengan sebutan Ronaldinho Gaucho," kata Ronaldinho dalam wawancaranya dengan Fourfourtwo seperti dilansir BolaSport.com

"Hal ini karena saya berasal dari daerah selatan Brasil dan Ronaldo Nazario saat itu dipanggil Ronaldinho!" tutur mantan pemain Barcelona tersebut.

Ronaldinho sendiri berarti Ronaldo kecil.

Sedangkan Gaucho adalah sebutan untuk orang yang berasal dari daerah selatan Brasil, seperti Porto Alegre, daerah asal Ronaldinho.

Namun, kemudian Ronaldo Nazario menanggalkan nama Ronaldinho ketika hijrah ke Eropa dan publik hanya mengenalnya dengan nama Ronaldo.