Liga Negara Eropa Muncul, Bagaimana Nasib Partai Uji Coba Antarnegara?

By Beri Bagja - Rabu, 24 Januari 2018 | 17:21 WIB
Virgil van Dijk (kiri) berduel dengan Eden Hazard dalam partai uji coba antara timnas Belanda dan Belgia di Amsterdam Arena, 9 Novem ber 2016. (JERRY LAMPEN / ANP / AFP)

Undian kompetisi baru garapan UEFA, Liga Negara Eropa, akan dilakukan di Lausanne, Swiss, pada Rabu (24/1/2018) pukul 18.00 WIB.

Kompetisi bernama resmi UEFA Nations League ini melibatkan negara-negara di Eropa.

Sebanyak 55 timnas Eropa akan dibagi ke empat divisi liga: Liga A, Liga B, Liga C, dan Liga D dengan sistem promosi-degradasi.

Liga A diisi 12 negara dari peringkat 1 sampai 12 UEFA, yang pastinya merupakan tim-tim jagoan macam Jerman, Spanyol, Italia, dan Inggris.

Liga B (12 tim) beranggotakan negara peringkat 13-24, Liga C (15 tim) diikuti negara peringkat 25-39, dan Liga D (16 tim) diisi negara peringkat 40-55.

Kompetisi multinegara ini merupakan jawaban atas pencarian ajang yang lebih kompetitif dari sekadar agenda uji coba biasa. 

(Baca Juga: Dari Giuseppe Meazza hingga Alexis Sanchez: Karena Pemain Ingin Dimengerti)

Dengan menggabungkan peserta ke dalam sebuah sistem kompetisi, mereka diharapkan menemukan atmosfer persaingan setara yang kompetitif.

"Jika dilihat, Anda akan menyadari kompetisi ini dibentuk seperti sistem liga-liga domestik klub," ucap Giorgio Marchetti, Direktur Kompetisi UEFA, dikutip BolaSport.com dari BBC.


Liga Negara Eropa, mulai digelar UEFA pada musim kompetisi 2018-2019.(UEFA.com)