Final Piala Asia U-23, Ranking FIFA Vietnam, dan Kans Sejarah yang Lebih Hebat Lagi

By Yosrizal - Jumat, 26 Januari 2018 | 16:12 WIB
Para pemain timnas U-23 Vietnam saat melakukan selebrasi kemenangan atas timnas U-23 Qatar pada babak semifinal Piala Asia U-23 2018, di Stadion Changzhou, Selasa (23/1/2018). (DOK. AFC)

Keberhasilan Timnas U-23 Vietnam melaju ke partai final Piala Asia 2018 memperlihatkan kelayakan posisi Negeri Paman Ho di daftar Ranking FIFA terkini.

Vietnam hanyalah salah satu negara kecil di Asia Tenggara. Luasnya pun cuma seperenam dari wilayah negara terbesar negara-negara anggota ASEAN, yakni Indonesia.

Namun, untuk urusan sepak bola, Vietnam layak menjadi tim nomor satu di Asia Tenggara.

Hal ini setidaknya dibuktikan dengan keberhasilan meraih tiket final Piala Asia U-23 untuk pertama kalinya pada edisi 2018.

Pencapaian ini kian mengagumkan karena perjuangan Nguyen Quang Hai dkk. ke laga puncak terbilang berat.

(Baca Juga: Lolos ke Final, Pelatih Vietnam Puji Anak Asuhnya Setinggi Langit)

Cuma menjadi runner-up Grup D karena kalah dari Korsel di partai pertama, tim asuhan Park Hang-seo mengalahkan Australia dengan skor tipis 1-0 serta bermain imbang tanpa gol kontra Suriah.

Setelah mengalahkan jawara edisi 2013 dan penghuni peringkat ketiga 2016, Irak, lewat adu penalti di perempat final, Vietnam kemudian menundukkan semifinalis edisi 2016, Qatar, lewat adu penalti.

Timnas U-23 Vietnam bahkan masih punya peluang menciptakan sejarah yang lebih hebat lagi bila berjaya di partai puncak kontra Uzbekistan, Sabtu (27/1/2018).


Suporter Timnas U-23 Vietnam rayakan kelolosan ke final Piala Asia(vietnam.vn)