Kabar Baik Lainnya bagi Atlet Futsal yang Berambisi Menjadi Pesepak Bola Profesional

By Verdi Hendrawan - Rabu, 21 Maret 2018 | 13:48 WIB
Pemain Sevilla, Wissam Ben Yedder, merayakan golnya ke gawang Deportivo Alaves dalam laga di Stadion Vitoria, Senin (6/3/2017) (ANDER GILLENEA / AFP)

Futsal dan sepak bola adalah dua cabang olahraga yang berbeda. Namun, tidak jarang pesepak bola profesional memulai karier dari lapangan futsal.

Sebut saja sosok seperti Ronaldinho, Robinho, Neymar Junior, Philippe Coutinho, Xavi Hernandez, hingga Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo yang mengawali karier dan mengembangkan kemampuan sepak bola dari lapangan futsal.

Para pemain yang disebut di atas memiliki kemampuan olah bola individu yang tinggi. Semua itu didapat dengan bermain futsal secara reguler sejak usia dini.

Perbedaan paling mencolok antara futsal dan sepak bola adalah kekuatan fisik. Sedangkan sisanya tidak jauh berbeda.

"Di sepak bola, terkadang Anda akan sangat sulit mengidentifikasi bakat karena semuanya bersifat lebih fisik. Namun dari bermain futsal, Anda akan mendapatkan sedikit lebih banyak dalam hal kualitas dan aspek taktis,” ucap Xavi Hernandez seperti dikutip BolaSport.com dari FIFA.com.

(Baca Juga: Gabung ke Skuat Timnas Inggris Selalu Menjadi Ambisi bagi Bek Berdarah Polandia Ini)

Fenomena besar terbaru yang terjadi berkat hubungan antara futsal dan sepak bola adalah apa yang dirasakan striker Sevilla, Wissam Ben Yedder.

Pemain berusia 27 tahun itu berhasil mendapat panggilan pertama bergabung dengan skuat tim nasional Prancis di sepanjang kariernya.

Ben Yedder dipercaya pelatih Didier Deschamps untuk menjadi bagian dari skuat timnas Prancis jelang menghadapi dua laga persahabatan menghadapi Kolombia (23/3/2018) dan Russia (27/3/2018).

(Baca Juga: Cristiano Ronaldo: Tak Ada Pemain Lain yang Lebih Hebat dari Saya!)