Istri Pelatih Brasil Menangis Saat Jerman Cetak Gol Ketiga pada Piala Dunia 2014

By Septian Tambunan - Selasa, 27 Maret 2018 | 23:29 WIB
Pelatih Brasil, Tite (kanan), menghadiri konferensi pers bersama bek kanan Dani Alves di Berlin, Jerman, pada 26 Maret 2018. (TOBIAS SCHWARZ/AFP)

Pelatih Brasil, Adenor Leonardo Bacchi alias Tite, mengenang kejadian pahit yang dialami Tim Samba ketika dibantai 1-7 oleh Jerman dalam laga semifinal Piala Dunia 2014.

Saat itu, Brasil masih dibesut oleh Luiz Felipe Scolari dan tidak diperkuat sang megabintang, Neymar.

"Kekalahan 1-7 dari Jerman memberikan dampak psikologis yang sangat besar. Namun, tak ada yang perlu menyalahkan diri sendiri atas hasil itu," kata Tite seperti dilansir BolaSport.com dari Kicker.

"Hasil 1-7 tersebut seperti hantu. Orang-orang sering membicarakannya. Semakin sering dibicarakan, semakin lama hantu ini menghilang," ucap Tite menambahkan.


Gelandang Jerman, Toni Kroos, merayakan gol yang dicetak ke gawang Brasil dalam laga semifinal Piala Dunia 2014 di Stadion Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, pada 8 Juli 2014.(PEDRO UGARTE/AFP)

(Baca Juga: Menginspirasi, Alasan Cristiano Ronaldo Tak Mau Bikin Tato)

Juru taktik berusia 56 tahun ini pun mengutarakan kesedihan mendalam yang dirasakan istrinya ketika menyaksikan partai empat besar Piala Dunia 2014 itu.

"Saya menonton pertandingan di rumah, di Sao Paulo, bersama istri saya dan setelah Brasil tertinggal 0-3, dia mulai menangis," ujar Tite.

"Pertandingan itu merupakan momen hebat yang menginspirasi untuk Jerman. Setiap tembakan mereka menjadi gol. Bahkan hal seperti ini tak terjadi dalam video game," tutur Tite lagi.

Kini, Brasil menatap Piala Dunia 2018 bersama Tite dengan mantap.