Sepak Bola yang Butuhkan Lionel Messi untuk Juarai Piala Dunia 2018, Bukan Sebaliknya

By Aditya Fahmi Nurwahid - Minggu, 1 April 2018 | 15:30 WIB
Megabintang Argentina, Lionel Messi, menjalani sesi latihan di City Academy training complex, Manchester, Inggris, pada 21 Maret 2018. ( OLI SCARFF/AFP )

Dukungan kepada timnas Argentina jelang gelaran Piala Dunia 2018 kembali bergemuruh. Kini, legenda Argentina, Hernan Crespo, yang angkat bicara mendukung Lionel Messi juarai ajang bergengsi tersebut.

Lionel Messi memang kini diselimuti oleh ketidakberuntungan saat membela timnas Argentina, terlebih dengan kegagalan beruntun pada periode 2014 hingga 2016.

Timnas Argentina harus menelan kekalahan dalam tiga final internasional terakhir, di ajang Piala Dunia 2014, Copa America 2015, dan Copa America Centenario 2016.

Catatan ini membuat Hernan Crespo melihat bahwa gelar internasional memang mempengaruhi Lionel Messi sebagai 'pemain terhebat sepanjang masa'.


Megabintang Argentina, Lionel Messi (kiri), berduel dengan gelandang Brasil, Paulinho, dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 Zona Amerika Selatan di Belo Horizonte, Brasil, pada 10 November 2016. ( VANDERLEI ALMEIDA/AFP )

(Baca Juga: Jose Mourinho Bandingkan Alexis Sanchez dengan Marcus Rashford, Tak Sepadan?)

Namun, Crespo juga menilai Messi tak harus jadi juara Piala Dunia untuk diingat sebagai ikon sepak bola.

"Untuk dia (Lionel Messi) dan negara saya (Argentina) , saya berharap dia menang," ucap Hernan Crespo dikutip BolaSport.com dari laman Goal.

"Johan Cryuff tidak perlu mengangkat Piala Dunia untuk menjadi yang terbaik dalam sejarah. Alfredo Di Stefano pun sama," kata eks-pemain Lazio dan Inter Milan ini.

Bahkan, simbol memenangkan Piala Dunia 2018 bukan untuk Messi sendiri, tapi untuk sepak bola dunia.