Argentina, Portugal, dan Spanyol Melorot di Ranking FIFA, Ada Apa?

By Aditya Fahmi Nurwahid - Jumat, 13 April 2018 | 10:52 WIB
Gelandang Spanyol, Isco, mencetak hat-trick ke gawang Argentina pada laga uji coba internasional di Stadion Wanda Metropolitano, Selas (27/3/2018). ((AFP/GABRIEL BOUYS))

Tiga tim nasional besar dunia, timnas Spanyol, timnas Portugal, dan timnas Argentina, harus rela turun peringkat FIFA pada periode terbaru, bulan April 2018.

Ketiga tim nasional yang juga menjadi skuat favorit juara Piala Dunia 2018 ini memang tampil kurang baik pada jeda internasional.

Timnas Spanyol memang hanya bermain imbang 1-1 kontra Jerman pada 24 Maret 2018, lalu berhasil menang besar atas Argentina dengan skor 6-1 pada 28 Maret 2018.


Para pemain tim nasional Spanyol merayakan gol Isco Alarcon yang dicetak ke gawang Argentina dalam laga uji coba di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol, pada Selasa (27/3/2018). ( GABRIEL BOUYS / AFP )

Namun, posisi Spanyol pada bulan Maret 2018 yang duduki tangga keenam harus digeser oleh timnas Swiss dan timnas Prancis. Spanyol pun kini duduki peringkat kedelapan.

(Baca Juga: 2 Bentuk Penghormatan Cristiano Ronaldo dan Marcelo untuk Gianluigi Buffon, Respect!)

Nasib sama juga diterima oleh Argentina, setelah lakoni uji coba merlawan Italia dan Spanyol.


Para pemain timnas Spanyol merayakan gol Rodrigo (kanan) ke gawang Jerman dalam partai uji coba di Duesseldorf, Jerman, 23 Maret 2018.(PATRIK STOLLARZ/AFP)

Menang sekali melawan Italia dan kalah telak melawan Spanyol, posisi Argentina di nomor empat harus tergusur dan turun satu tingkat.

Kini, nomor empat diisi oleh Portugal, yang juga turun peringkat dari posisi ketiga.