Hormat Pelatih Mesir untuk Para Pemainnya yang Menjalankan Puasa Ramadan

By Bagas Reza Murti - Sabtu, 19 Mei 2018 | 02:22 WIB
Pelatih Mesir, Hector Cuper, berbicara kepada anak-anak asuhnya dalam sesi latihan di Libreville, Gabon pada 31 Januari 2017. (GABRIEL BOUYS/AFP)

Pelatih timnas Mesir, Hector Cuper menjelaskan bagaimana ia membebaskan para pemainnya untuk menjalankan ibadah puasa ramadan, meski bertepatan dengan persiapan timnya mengikuti Piala Dunia 2018.

Tak kurang dari sebulan lagi, gelaran Piala Dunia 2018 bakal digelar di Rusia.

Salah satu kontestan ajang 4 tahunan tersebut, Mesir mendapat sedikit kendala karena mayoritas pemain yang beragama Islam menjalankan puasa Ramadan yang baru berakhir sehari sebelum Piala Dunia 2018 dimulai (14 Juni 2018).

Hal ini tentu bakal berpengaruh pada kondisi fidik para pemainnya selama persiapan karena menjalankan puasa di bulan ramadan.

Meski begitu, hal ini tak menjadi masalah bagi sang juru taktik, Hector Cuper.

Dilansir BolaSport.com dari Liverpool Echo, Hector Cuper sangat menghormati para pemainnya yang menjalankan puasa ramadan.

(Baca juga: Jadwal Final Liga Champions 2018 - Real Madrid Vs Liverpool FC)


Megabintang Portugal, Cristiano Ronaldo (kiri), mencetak gol ke gawang Mesir dalam laga persahabatan di Stadion Letzigrund, Zurich, Swiss, pada 23 Maret 2018.(FABRICE COFFRINI/AFP)

"Para pemain di tim nasional bebas untuk menjalankan puasa dan kami tak bisa ikut campur dalam hal ini karena saya sangat menghormati semua agama," ujarnya pada pertengahan Maret lalu.

Para pemain Mesir sebenarnya sudah mendapat pengecualian untuk menunda pelaksanaan puasa ramadan demi mempersiapkan kondisi maksimal di Piala Dunia 2018, lewat fatwa yang dikeluarkan oleh pemimpin tertinggi hukum Islam di Mesir, Shawki Allam.