Drama Menegang, Tim Sepak Bola yang Menghilang di Gua Thailand Bisa Terjebak 4 Bulan

By Bagas Reza Murti - Selasa, 3 Juli 2018 | 17:14 WIB
Tim sepak bola yang hilang di salah satu goa di Thailand. (FACEBOOK.COM/EKATOOL)

Setelah hilang di gua selama 9 hari, 13 orang anggotatim sepak bola di Thailand akhirnya ditemukan. Namun, kini proses penyelamatan belum berakhir. Tantangannya, adalah membawa keluar ke-13 orang tersebut keluar dari gua dengan selamat.

Sebanyak 12 anak-anak dan seorang pelatih sepak bola yang menghilang selama 9 hari telah ditemukan dengan selamat oleh tim penyelamat pada Senin (2/7/2018).

Namun kini, permasalahan yang mengganjal selanjutnya adalah membawa keluar ke-13 orang tersebut dari gua.

Dilansir BolaSport.com dari Daily Mail, ahli gua menyatakan akan sangat berbahaya jika membawa keluar ke-13 orang tersebut ketika volume air masih tinggi, ditambah curah hujan beberapa hari terakhir juga masih mengancam.

12 orang anak-anak dan sang pelatih ditemukan di sisi gua penuh lumpur, 4-10 km dari pintu gua. Tantangan muncul karena mereka semua tak mempunyai kemampuan berenang dan menyelam

(Baca juga: Drama Penyelamatan Tim Sepak Bola yang Hilang Di Goa belum Berakhir, Masih Butuh Kerja Keras)


Beberapa otoritas menyarankan jika salah satu cara yang dipertimbangkan adalah mengajari anak-anak yang terjebak untuk menyelam, lalu para penyelam menuntunnya keluar gua Tham Luang dengan cara tersebut.

"Kami akan menyiapkan makanan kepada anak-anak ya ng terjebak untuk 4 bulan ke depan dan melatih ke-13 orang tersebut untuk berenang sementara di luar kami juga berusaha untuk mengurangi air," ujar kapten angkatan laut Thailand, Anand Surawan pada Selasa (3/7/2018).

Salah satu penyelam asal Belgia, Ben Reymenants pesimistis jika anak-anak bisa diselamatkan dalam beberapa hari ke depan.