Malaysia Segera Kaji Kebijakan Naturalisasi Demi Dongkrak Prestasi Harimau Malaya

By Adif Setiyoko - Sabtu, 21 Juli 2018 | 15:49 WIB
Sekjen Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Hamidin Mohd Amin, mengadakan sesi jumpa pers guna membahas keikutsertaan timnas Malaysia di Piala AFF, Kamis (24/11/2016). (DOK. BERNAMA)

Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) tengah mengkaji rencana untuk kembali menggunakan pemain naturalisasi dalam skuat Timnas Malaysia.

Presiden FAM, Datuk Hamidin Mohd Amin, menyebut bahwa rencana memberikan kewarganegaraan Malaysia kepada pesepak bola asing merupakan salah satu alternatif untuk mendongkrak prestasi timnas.

Hal ini disampaikannya pada sesi konferensi pers setelah sesi Dialog Presiden FAM dan Exco bersama pendukung sepak bola, Sabtu (21/7/2018).

Menurut Hamidin, rencana tersebut masih dalam tahap awal dan masih banyak pekerjaan yang perlu dilakukan untuk memastikan bahwa rencana menaturalisasi pemain bisa direalisasikan.

(Baca Juga: Pemanggilan Egy Maulana Vikri untuk Piala Asia U-19 Melanggar Statuta FIFA

(Baca Juga: Indra Sjafri Pastikan Satu Pemain Andalan Timnas U-19 Indonesia Absen di Piala Asia U-19)

"Hal ini akan kami diskusikan dalam komite tim nasional. Karena perlu komitmen dari pemerintah Malaysia dan juga komitmen negara lain," ujar Hamidin seperti dilansir BolaSport.com dari Berita Harian.

"Misalnya, pemain yang sesuai untuk dinaturalisasi adalah pemain sepak bola yang berasal dari Brasil dan juga benua Afrika," katanya.

Hamidin mengatakan bahwa pihaknya perlu membahas hal ini dengan sejumlah pihak, termasuk pemerintah Malaysia dan juga Liga Sepakbola Malaysia (MFL).