Kalah dari Indonesia, Pelatih Timnas U-16 Vietnam Keluhkan Kinerja Wasit

By Suci Rahayu - Jumat, 3 Agustus 2018 | 11:44 WIB
Wasit memberikan kartu merah kepada pemain timnas U-16 Vietnam, Vo Nguyen Hoang, pada laga ketiga Grup A Piala AFF U-16 2018 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (02/08/2018) malam. (SUCI RAHAYU/BOLASPORT.COM)

Pelatih timnas U-16 Vietnam, Vu Hong Viet, menuding kinerja wasit jadi salah satu penyebab kekalahan timnya dari tuan rumah Indonesia di laga ketiga Piala AFF U-16 2018 di Gelora Delta Sidoarjo, Kamis (2/8/18).

Ketidakpuasan Hong Viet tersebut dipicu beberapa kejadian di lapangan yang ia nilai merugikan timnya.

Padahal menurutnya, laga berjalan sangat menarik dan ketat. Ia sendiri mengapresiasi permainan tuan rumah.

(Baca Juga: Persib Bandung Terpaksa Gagal Pasang Trisula Lini Serang Melawan Sriwijaya FC)

"Selamat kepada Indonesia. Permainan bagus. Kedua tim sangat ketat di lapangan,"ujar Hong Viet, kepada wartawan, termasuk BolaSport.com, dalam konferensi pers seusai laga.

(Baca Juga: Deretan Remaja Paling Menyita Perhatian di Liga 1 2018, Termasuk Inzaghi Muda dan Rory Delap dari Bogor)

"Namun jujur, saya tidak puas dengan apa yang dilakukan wasit. Seperti misalnya pemain kami nomor 10 sebenarnya tidak pantas dihukum karena tidak melakukan apa-apa, justru seharusnya nomor 2 dari Indonesia yang mendapat hukuman," ujarnya.

Dalam laga tersebut, wasit memang mengusir pemain nomor 10 Vietnam, Vo Nguyen Hoang, dan bek sayap Indonesia bernomor punggung 2, Bagas Kaffa, setelah kedua pemain terlibat adu pukul di lapangan pada pertengahan babak kedua.

Pertikaian kedua pemain berawal dari pelanggaran keras yang dilakukan oleh Nguyen Hoang terhadap salah satu pemain timnas U-16 Indonesia.