Bukan Cristiano Ronaldo atau Lionel Messi, Ini Peraih Ballon d'Or 2018 Menurut Ricardo Kaka

By Dimas Wahyu Indrajaya - Kamis, 23 Agustus 2018 | 19:57 WIB
Ricardo Kaka (kiri) mengangkat trofi Pemain Terbaik FIFA 2007, bersama para runner up, Cristiano Ronaldo serta Lionel Messi, di Zurich, Swiss, pada 17 Desember 2007. ( FABRICE COFFRINI / AFP )

Peraih Ballon d'Or 2007, Ricardo Kaka, memilih satu kandidat utama yang akan meraih Ballon d'Or 2018.

Bukan Cristiano Ronaldo ataupun Lionel Messi, itulah tanggapan eks bintang AC Milan dari Brasil, Ricardo Kaka, mengenai peraih pemain terbaik dunia versi France Football, Ballon d'Or, pada tahun ini.

Ronaldo dan Messi memang menjadi langganan peraih Ballon d'Or setiap tahunnya, keduanya bahkan masing-masing sudah mendapatkan lima kali trofi berbentuk bola emas itu.


Ikon Real Madrid, Cristiano Ronaldo (kiri), berpose dengan trofi Ballon d'Or 2013, sementara megabintang Barcelona, Lionel Messi (kanan), menggenggam trofi Ballon d'Or 2012. ( FABRICE COFFRINI/AFP )

Namun di tahun 2018 ini persaingan meraih gelar prestisius itu bakalan ketat, karena pemain selain Ronaldo dan Messi muncul dengan penampilan terbaik mereka di level klub maupun negara.

Kaka sebagai orang terakhir yang meraih Ballon d'Or di era persaingan Ronaldo-Messi berpendapat bakal ada pemain baru yang merebut penghargaan tersebut.

Menurut Kaka, gelandang Real Madrid dan timnas Kroasia Luka Modric pantas sebagai kandidat utama peraih Ballon d'Or 2018.


Gelandang AC Milan, Ricardo Kaka, mengangkat trofi Pemain Terbaik FIFA 2007, di Zurich, Swiss, pada 17 Desember 2007. ( FABRICE COFFRINI/AFP )

Penampilan Modric yang hebat di klub dan negara menjadi alasan Kaka menunjuknya.

Meski Kroasia gagal menjuarai Piala Dunia 2018 di Rusia, Modric sanggup meraih prestasi mentereng dengan meraih gelar pemain terbaik turnamen.