Sejarah Hari Ini - Kiper Pertama Inggris yang Dikartu Merah Bernama Robert Green

By Ahmad Tsalis Fahrurrozi - Rabu, 10 Oktober 2018 | 13:05 WIB
Ekspresi Robert Green saat membela QPR dalam laga Liga Inggris kontra Manchester City di Etihad Stadium, Manchester, 10 Mei 2015. (OLI SCARFF / AFP)

Pemain Chelsea, Robert Green, mencatatkan sejarah sebagai kiper pertama timnas Inggris yang diusir karena dikartu merah.

Sabtu 10 Oktober 2009, benar-benar menjadi malam yang sial bagi Robert Green dan timnas Inggris kala bertandang ke markas Ukraina di Dnipro Stadium.

Robert Green yang mengawal gawang timnas Inggris, diusir oleh wasit Damir Skomina pada menit ke-14 dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2010 Grup 6 Zona Eropa itu.

Dilansir BolaSport.com dari BBC, Green tercatat dalam sejarah sebagai penjaga gawang timnas Inggris pertama yang diusir setelah mendapatkan kartu merah.

Kronologinya, dalam situasi serangan balik, Rio Ferdinand tak mampu mengejar dan mengamankan bola lambung liar yang mengarah ke daerah pertahanan The Three Lions.

(Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Chelsea Rekrut Robert Green, Kiper Sepuh Tidak Punya Klub)

Sementara, striker Ukraina Artem Milevskiy sudah menguntit di belakang Ferdinand.

Saat Milevskiy berhasil membawa bola dan memasuki kotak penalti Inggris, Green mengadang dan membuat dia terjatuh.

Alhasil, lelaki yang kini berusia 38 tahun dan membela Chelsea itu dikartu merah dan pelatih Fabio Capello harus menarik keluar winger Aaron Lennon untuk diganti shot-stopper lain yakni David James.