Jordan Pickford Gagal Hentikan Rekor Buruk Kiper Timnas Inggris Selama 38 Tahun

By Verdi Hendrawan - Selasa, 16 Oktober 2018 | 08:18 WIB
Reaksi kiper Jordan Pickford yang menjadi pahlawan kemenangan Inggris atas Kolombia dalam adu penalti pada duel babak 16 besar Piala Dunia 2018 di Stadion Spartak, Moskow, 3 Juli 2018. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA )

Kiper timnas Inggris, Jordan Pickford, gagal mengulangi torehan penjaga gawang legendaris Tim Tiga Singa, Peter Shilton, saat menantang Spanyol di laga matchday ke-3 Grup 4 Liga A UEFA Nations League.

Pada pertandingan yang digelar di Stadion Benito Villamarin, Senin (15/10/2018) atau Selasa dini hari WIB itu, timnas Inggris berhasil meraih kemenangan 3-2.

Timnas Inggris sempat unggul 3-0 berkat gol-gol dari Raheem Sterling (menit ke-16 dan 38') dan Marcus Rashford (29').

Namun pada babak kedua, timnas Inggris tidak mampu menambah keunggulan dan justru gawang mereka dua kali dibobol Spanyol via Paco Alcacer (menit ke-58) dan Sergio Ramos (90+8').

Dua gol balasan dari timnas Spanyol tersebut membuat Jordan Pickford gagal mengulangi torehan Peter Shilton 38 tahun silam.

(Baca Juga: Disejajarkan dengan Xavi, Andres Iniesta dan Luka Modric, Gelandang Timnas Inggris Ini Tak Peduli)

Torehan yang dimaksud adalah kiper timnas Inggris dengan raihan clean sheet dalam pertandingan tandang menghadapi Spanyol pada 26 Maret 1980.

Kala itu, Inggris menang dengan skor 2-0 di Camp Nou, Barcelona.

Sejak Peter Shilton sukses meraih clean sheet pada pertandingan tersebut, tidak ada lagi kiper timnas Inggris yang mampu menjaga gawangnya tetap bersih di tanah Spanyol.