Pesan Cak Nun untuk Timnas U-19

By Rabu, 16 Agustus 2017 | 12:32 WIB
Timnas Indonesia U-19 bersama Emha Ainun Nadjib di lapangan UNY, Selasa (15/8/2017) (GONANG SUSATYO/ BOLASPORT.COM)

19 Indonesia memiliki prospek bagus. Mereka yang akan berlaga di Piala AFF U-18 merupakan pemain bertalenta.

Bahkan budayawan Emha Ainun Nadjib menyebutnya sebagai pemain kelas dunia.

“Mengapa saya menyebutnya pemain kelas dunia. Mereka sesungguhnya punya bakat alamiah. Tuhan memberikan bakat yang luar biasa pada mereka,” tutur Emha.


Emha Ainun Najib berbincang-bincang dengan pelatih timnas Indonesia U-19, Indra Sjafri, dan penyerang Egy Maulama Vikri, di sela-sela latihan tim di lapangan UNY, Selasa (15/8/2017).(GONANG SUSATYO/BOLASPORT.COM)

Persoalannya mereka berada di kolam yang kotor. Ini yang menjadikan mereka gagal berprestasi.

“Bakat dari Tuhan tapi bila tidak diiringi tekad dan kerja keras tidak ada gunanya. Tekad dan kerja keras, tapi bila kolamnya tidak bersih juga tidak berguna,” katanya.

Baca Juga:

“Mereka berada di kolam yang kotor. Artinya manajemen atau bahkan negara tidak cukup kondusif untuk pembinaan potensi. Itu tidak hanya di sepak bola. Padahal bermain bola sangat dibutuhkan kreativitas,” ucap Emha yang pernah menekuni sepak bola saat masih remaja.

Dirinya mengingatkan kegagalan timnas U-19 era Evan Dimas dkk di Piala Asia U-19 2014. Persiapan mereka dikacaukan dengan kepentingan bisnis.

“Saat uji coba, mereka sudah diatur main jam berapa. Saat mereka seharusnya beristirahat tapi malah harus main karena ada siaran langsung. Jadinya timnas U-19 malah kalah di Myanmar. Ini jangan terulang,” kata dia lagi.