Indonesia Vs Timor Leste - Bintang Babak Pertama Garuda Muda, Marinus Manewar!

By Firzie A. Idris - Minggu, 20 Agustus 2017 | 15:51 WIB
Marinus Wanewar merayakan gol timnas Indonesia ke gawang Timor Leste, Minggu (20/8/2017). (FERRY SETIAWAN/BOLASPORT.COM)

Timnas Indonesia menghadapi Timor Leste di Stadion MP Selayang, Selangor, pada Minggu (20/8/2017). Pada babak pertama, skor laga adalah 1-0 untuk keunggulan Garuda Muda berkat tandukan Marinus Manewar (21'). Bomber asal Persipura itu pun menjadi pemain yang paling menonjol pada babak pertama ini.

Marinus bermain dinamis pada laga Grup B SEA Games 2017 tersebut. Akselerasi dan kemampuan dribel tingginya berulang kali merepotkan barisan pertahanan lawan.

Ia memancing tiga kali pelanggaran keras pada 20 menit pertama laga, salah satunya di garis batas kotak penalti dan yang lain berbuah kartu kuning kepada lawan.

Pun, ia juga memainkan perannya dengan bagus sebagai striker penahan bola.

Namun, tinggi Marinus yang mencapai 182 cm menjadi pembeda pada babak pertama.

Ia lolos dari penjagaan kedua bek tengah Timor Leste untuk menanduk masuk umpan silang presisi dari Septian David Maulana pada menit ke-20.

Pada menit ke-32, ia berupaya melepaskan tembakan melengkung dari sisi kiri gawang yang hanya tipis melewati atas mistar gawang timnas.

Menurut statistik dari Labbola, Marinus menyelesaikan babak pertama dengan 85 persen operan sukses. Enam dari tujuh operannya akurat.

Ia juga sekali mengintersep bola. Hal yang masih bisa ditingkatkan adalah Marinus hanya menuntaskan sekali dari tiga usaha sundulannya, walau usaha satu-satunya itu berbuah gol.

Timnas sendiri melepas 12 umpan sepanjang babak pertama, tetapi hanya dua yang sukses menemui pemain sendiri.