Jelang Indonesia Vs Kamboja - Mantan Kapten Tim Garuda Minta Pemain Jangan Fokus Kejar 3 Gol

By Rabu, 23 Agustus 2017 | 19:46 WIB
Para pemain timnas U-22 Indonesia menyanyikan lagu kebangsaan menjelang laga SEA Games 2017 kontra Filipina di Stadion Shah Alam, Selangor, Kamis (17/8/2017). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT)

Indonesia butuh kemenangan selisih 3 bola atas Kamboja untuk mengamankan tiket ke semifinal SEA Games 2017. Kenapa Firman Utina meminta Evan Dimas dkk fokus memburu satu gol dulu?

Menyaksikan perjuangan tim nasional Indonesia berlaga di ajang SEA Games, Firman Utina mengaku senang.

Katanya, apa yang diperlihatkan tim asuhan Luis Milla itu sudah baik. Akan tetapi, faktor mental menjadi perhatian Firman.

"Banyak cara untuk menggoyahkan mental bertanding anak-anak Indonesia. Saya harap mereka tidak terganggu dengan isu-isu seperti kejadian bendera dan kasus wasit yang merugikan atlet Indonesia di cabang lain," kata mantan kapten dan playmaker tim nasional ini.

Menurut Firman, pemain timnas sebenarnya bisa bermain bagus dan meraih kemenangan asal lebih sabar dan fokus ke lapangan.

"Jangan berbuat sesuatu yang tidak membantu tim. Jangan sampai aksi kita merugikan tim," ucapnya.

Kata eks gelandang Arema Malang, Persija, dan Persib ini Vietnam sudah membuktikan kemampuan mereka dengan fokus pada pertandingan.

Para pemain Vietnam disebut mampu memperlihatkan karakter sendiri yang penuh daya juang, bermain tanpa lelah, dan selalu ngotot.


Playmaker Firman Utina saat membela timnas Indonesia di Piala AFF 2010. (DOK. BOLA)

Bagaimana kans timnas U-22 Indonesia melawan Kamboja di laga terakhir Grup B SEA Games 2017?