Inilah 5 Hal yang Perlu Dibenahi dari Timnas Indonesia untuk Menatap Semifinal

By Taufan Bara Mukti - Kamis, 24 Agustus 2017 | 17:22 WIB
Tim nasional U-22 Indonesia melawan Kamboja pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B SEA Games 2017, Kamis (24/8/2017). (FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM)

Tim nasional (timnas) U-22 Indonesia berhasil menaklukkan Kamboja dengan skor 2-0 pada pertandingan terakhir penyisihan Grup B SEA Games 2017, Kamis (24/8/2017).

Kemenangan ini tidak terlepas dari jitunya pergantian pemain yang dilakukan oleh Luis Milla pada babak kedua. Hasilnya, Ezra Walian dan Febri Hariyadi berhasil mencetak gol. 

Berkat kemenangan ini, skuad Garuda finis di peringkat kedua dengan merangkum 11 poin. Juara grup menjadi milik Thailand setelah mereka berhasil mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0.

Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Malaysia yang menjadi juara grup A pada partai semifinal. Laga ini akan digelar pada 26 Agustus.

Namun jelang laga semifinal, Indonesia harus membenahi setidaknya tiga hal. Berikut penjelasnnya. 

1. Crossing
Memainkan Saddil Ramdani dan Osvaldo Haay di kedua sayap, serangan Indonesia terasa kurang menggigit. Keduanya ditopang dengan tusukan Ricky Fajrin yang melakukan overlap dari lini belakang.

Diantara ketiganya hanya Saddil yang berhasil melesakkan 2 kali crossing sukses. Bahkan Fajrin belum sekalipun sukses melepaskan umpan silang pada babak pertama.

Dengan memanfaatkan keunggulan postur yang dimiliki oleh Marinus Wanewar, sayap Indonesia diharapkan dapat mengirimkan umpan yang akurat agar dapat berbuah gol.

Crossing yang akurat dapat memperbesar peluang Indonesia untuk mencetak gol, sama seperti proses terjadinya gol pertama yang dicetak Ezra Walian saat melawan Kamboja.