Sejarah Hari Ini, Debut Manis Cristian Gonzales di Timnas Indonesia

By Dimas Wahyu Indrajaya - Selasa, 21 November 2017 | 08:45 WIB
Striker tim nasional Indonesia, Cristian Gonzales. (DOK JUARA.NET)

Pada tahun 2010, timnas Indonesia kedatangan pemain asing yang tidak asing bagi insan sepak bola Tanah Air. Dia adalah Cristian Gonzales.

Wajar Gonzales yang notabene pemain asing disebut tidak asing, karena ia sudah berkarier di Indonesia sejak tahun 2003.

PSM Makassar sampai Persib Bandung pernah dibela Gonzales, meski kariernya sebagai striker lebih menonjol kala membela Persik Kediri berkat torehan ratusan golnya.

Hadirnya Gonzales sendiri di skuat timnas Indonesia yang berpaspor Uruguay merupakan tahap awal dalam menaturalisasikan pemain-pemain asing yang sedang gencar dilakukan pada tahun 2010.

Naturalisasi dilakukan PSSI pada pemain keturunan atau pemain yang sudah lama malang melintang di kompetisi sepak bola Indonesia.

(Baca juga: Sejarah Hari Ini, Gol Tercepat di Dunia yang Tak Diakui Tercipta)

Gonzales menjadi contoh pemain yang sudah lama berkarier di Indonesia dan bersedia membela timnas di laga-laga internasional.

Pesepak bola kelahiran Montevideo 41 tahun silam menjadi pemain asing non keturunan pertama di era modern yang dinaturalisasi PSSI.

Setelah mendapat kewarganegaraan Indonesia pada 1 November 2010, pemilik nama muslim Mustafa Habibi tidak butuh lama untuk unjuk gigi dengan jersey merah timnas berjuluk tim Garuda.

Pada 21 November 2010 bertempat di Stadion Sriwijaya, Palembang, timnas Indonesia menjamu Timor Timur di laga persahabatan.