Terungkap, Mengapa Laga Timnas Indonesia Hanya Digelar di Pulau Jawa

By Mochamad Hary Prasetya - Selasa, 26 Desember 2017 | 13:30 WIB
Skuat Timnas Indonesia usai berlaga melawan Timnas Guyana, Sabtu (25/11/2017) (FERISETIAWAN/BOLASPORT.COM)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, mengungkapkan mengapa pertandingan timnas Indonesia hanya digelar di Pulau Jawa. 

Hal itu didasari karena permintaan dari calon lawan timnas Indonesia yang datang ke Tanah Air.

Tercatat sudah enam pertandingan timnas Indonesia yang digelar di Pulau Jawa selama 2017 ini.

Keenam pertandingan tersebut dilaksanakan hanya di Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Patriot (Bekasi), dan Stadion Wibawa Mukti (Cikarang).

Padahal masih banyak stadion bertaraf internasional yang ada di Indonesia seperti Stadion Batakan (Balikpapan), Stadion Aji Imbut (Tenggarong), dan Stadion Jaka Baring (Palembang), ataupun Stadion Kapten I Wayan Dipta (Bali).

(Baca Juga: Tak Mau Gonzalez, Ini Penyerang Pilihan Djajang Nurdjaman)

Menurut Tisha, pertandingan tersebut sesuai permintaan dari calon lawan timnas Indonesia.

Calon lawan timnas Indonesia yang datang itu harus berpikir berulang kali apabila melanjutkan perjalanan dari Jakarta ke kota-kota lain.

"Lawan yang kami datangkan itu tidak mau travel lagi. Mereka naik bus ke Bandung saja mikir, apalagi pesawat. Perjalanannya secara Internasional secara flightnya ya begini," kata Tisha belum lama ini.

"Contohnya seperti dari negara Amerika Selatan yang harus istirahat terlebih dahulu setelah tiba di Jakarta beberapa hari. Mereka harus melakukan perjalanan lagi ke daerah lain, lalu istirahat, dan baru melakukan pertandingan. Itu bisa lebih lama di Indonesia," jelas Tisha menambahkan.