Inikah Penyebab Riko Simanjuntak Sulit Masuk Timnas Indonesia?

By Bagaskara Setyana Adhie Perkasa - Rabu, 25 April 2018 | 19:15 WIB
Aksi gelandang Persija Jakarta, Riko Simanjuntak, gol dalam pertandingan kelima Grup H Piala AFC 2018 melawan Johor Darul Takzim di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Selasa (10/4/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO./BOLASPORT.COM)

Pemain sayap Persija Jakarta, Riko Simanjutak, seolah menjadi fenomena baru sejak tampil bersama Macan Kemayoran pada musim 2018.

Berkat penampilan gemilangnya bersama Persija, banyak sekali pecinta sepak bola tanah air yang menginginkan supaya Riko diberi kesempatan untuk membela timnas Indonesia.

Bahkan para pecinta sepak bola tanah air tak segan untuk meminta secara langsung kepada pelatih timnas Indonesia, Luis Milla, melalui akun media sosial untuk memanggil mantan pemain Semen Padang itu.

Hingga saat ini memang Riko belum pernah sama sekali mendapatkan kesempatan untuk membela timnas Indonesia.

Luis Milla pun juga tak pernah menjelaskan alasan kenapa Riko tak dipanggil.

(Baca Juga: Soal Panggilan Timnas Indonesia, Evan Dimas dan Ilham Udin Sebenarnya Ingin Membantu Selangor FA)

Namun, pada tahun 2016 lalu, asisten pelatih timnas Indonesia saat itu yakni Wolfgang Pikal pernah menyampaikan kriteria pemain yang bisa masuk timnas Indonesia.

"Jika ada pemain yang berposisi sama dengan kualitas yang sama tetapi usia berbeda, kami akan mengambil usia yang lebih muda," kata Wolfgang saat menjadi bintang tamu di salah satu acara stasiun televisi swasta.

Jika prinsip tersebut masih diberlakukan untuk timnas Indonesia saat ini, kemungkinan besar hal tersebutlah yang menghambat Riko untuk masuk ke timnas Indonesia. Mengingat usia Riko saat ini berusia 26 tahun.

Sebab, seperti diketahui, timnas Indonesia saat ini seolah punya stok yang melimpah pada posisi winger alias sayap dengan usia yang jauh lebih muda dari pemain kelahiran Pematangsiantar itu.