Jika Menilik Analisa Milik AFC, Sudah Saatnya Luis Milla Duetkan Riko dan Rezaldi di Timnas Indonesia

By Adif Setiyoko - Jumat, 27 April 2018 | 15:50 WIB
Pelatih timnas Indonesia U-23, Luis Milla (kanan), berdiskusi dengan pelatih fisik, Miguel Gandia, saat pemusatan latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, Selasa (20/2/2018). Pemusatan latihan ini dilakukan jelang Asian Games 2018. (FERI SETIAWAN/BOLASPORT.COM)

Meskipun tak bermain di satu sisi yang sama di atas lapangan, Riko Simanjuntak dan Rezaldi Hehanusa, dapat bermain sebagai sebuah kesatuan saat berseragam Persija Jakarta.

Riko Simanjutantak bertugas di sisi kanan penyerangan Persija, sementara Rezaldi Hehanusa bermain di sektor kiri pertahanan.

Meski punya tugas berbeda, pergerakan satu pemain mempengaruhi peluang pemain lainnya saat bertanding.

Berikut heat map Riko Simanjuntak selama bermain pada laga kontra Tampines Rovers:


Heat map pergerakan Riko Simanjuntak saat Persija Jakarta menaklukan Tampines Rovers pada laga terakhir Grup H Piala AFC 2018.(the-afc.com)

Menurut analisa the-afc.com, hal paling menarik dari pergerakan Riko Simanjuntak ialah bahwa sebagian besar tugasnya berada di sisi kanan pertahanan Persija.

Artinya, para pemain Tampines Rovers akan berusaha mati-matian mencegah Riko agar tak memasuki wilayah pertahanan mereka.

(Baca juga: Korea Utara Sebut Timnas Indonesia Bukan Ancaman Terbesar)

Selain itu, skuat besutan Juergen Rabb juga berupaya untuk membatasi ruang gerak pemain berusia 26 tahun tersebut.

Tentu saja, Tampines Rovers telah belajar dari kekalahan telak Johor Darul Takzim (JDT) saat digulung Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, pada pekan kelima.