Jawaban PSSI Terkait Pergantian Apparel Timnas Indonesia di Asian Games 2018

By Mochamad Hary Prasetya - Kamis, 31 Mei 2018 | 23:09 WIB
Timnas Indonesia U-23 dalam laga persahabatan melawan Thailand U-23 di Stadion PTIK, Kamis (31/5/2018). (ANDREW SIHOMBING/BOLASPORT.COM)

Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Ratu Tisha Destria, memberikan jawaban terkait apparel jersey timnas Indonesia di Asian Games 2018

Jawaban itu sekaligus mencerahkan apa yang disampaikan Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Erick Thohir, beberapa waktu lalu saat peluncuran kerjasama apparel Tim Indonesia untuk Asian Games 2018 dengan apparel asal China, Li-Ning.

Kala itu, Erick menegaskan bahwa Tim Indonesia harus menggunakan Li-Ning saat ajang multi event terbesar se Asia tersebut digelar ada Agustus mendatang.

Penggunaan itu termasuk untuk timnas Indonesia yang sejatinya sudah bekerjasama dengan raksasa apparel asal Amerika Serikat, Nike.

Menurut Tisha, ia tidak mempermasalahkan timnas Indonesia mempergunakan Li-Ning pada Asian Games 2018.

Ia mengutarakan bahwa, pada ajang bergengsi tersebut, timnas Indonesia itu tergabung dalam cabang olahraga yang dikelola oleh KOI.

(Baca juga: Jadwal Lengkap Piala Dunia 2018, Awal dan Akhir di Moskwa)

"Teman-teman harus paham perbedaan single event dan multievent. Klo single, contohnya hanya punya sepak bola, sedangkan multievent itu punya beberapa cabang olahraga yang di mana itu ada OCA turun ke INASGOC," kata Tisha kepada awak media termasuk BolaSport.com di Stadion PTIK, Melawai, Jakarta Selatan, Kamis (31/5/2018).

"Itu di level komitenya dan itu hak komersial yang harus kami penuhi," lanjutnya.

Tisha menambahkan, jika timnas Indonesia bertanding di single event seperti Piala Asia atau Piala AFF, regulasinya ada di AFC.