Timnas Perempuan Indonesia Gagal Lolos Penyisihan Grup Piala AFF 2018

By Noverta Salyadi - Jumat, 6 Juli 2018 | 15:28 WIB
Pelatih timnas putri Indonesia, Satia Bagdja Ijatna, memberi arahan dalam sesi latihan di National Youth Training Centre (NYTC) Sawangan, Depok, Jawa Barat, Selasa (6/3/2018) pagi. (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM)

Timnas sepak bola perempuan Indonesia akhirnya gagal lolos penyisihan grup Piala AFF Wanita 2018 di Palembang setelah dikalahkan Myanmar dengan skor telak 1-6 di Stadion Gelora Sriwijaya Palembang, Kamis (5/7/2018) malam.

Timnas perempuan Indonesia mencatat hasil buruk di turnamen ini. Dari tiga partai yang sudah dimainkan, tim asuhan Satia Bagdja Ijatna belum pernah menang dan sekali bermain imbang saat melawan Singapura .

Sebelum melawan Myanmar, timnas wanita Indonesia kalah dari Vietnam juga dengan skor telak 0-6.

(Baca Juga: Roberto Martinez Minta Belgia Tidak Silau dengan Nama Besar Brasil)

Susi Susanti dkk masih menyisahkan satu pertandingan lagi di Grup B  melawan Philipina. Tetapi, apa pun hasilnya tidak memengaruhi kedudukan Indonesia.

(Baca Juga: Luis Milla Sebut Riko Simanjuntak dan Stefano Lilipaly Bukan Pilihan Utama untuk Asian Games)

"Ya inilah hasilnya, kami dapat pelajaran berharga dari turnamen ini sebelum turun dalam Asian Games Agustus nanti," ujar Satia kepada BolaSport.com.

"Kita masih ada waktu 40 hari lagi menjelang Asian Games, maka untuk itu kita harus bisa tampil baik dalam laga melawan Filipina," tambahnya.

Mantan asisten pelatih Persija ini mengakui ada beberapa yang perlu diperbaiki selain lini pertahanan yang kurang terlihat tenang dan pengusaan bola yang selalu cepat lepas.