Usai Takluk dari Indonesia, Timnas U-19 Laos Ubah Strategi dan Sukses Raih Kemenangan Besar

By Adif Setiyoko - Minggu, 8 Juli 2018 | 13:06 WIB
Pelatih timnas U-19 Laos, Chusak Sriphum (tengah), berbicara kepada awak media seusai laga kontra timnas U-19 Thailand di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Selasa (3/7/2018) ((KOMPAS.COM/HAMZAH))

Timnas U-19 Laos akhirnya memetik kemenangan perdana mereka di ajang Piala AFF U-19 2018. Mereka berhasil menjungkalkan Singapura dalam laga lanjutan babak penyisihan Grup A.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Gelora Joko Samudro, Gresik, Sabtu (7/7/2018) sore, Laos sukses menghajar Singapura lima gol tanpa balas.

Lima gol Laos pada laga ini dicetak melalui aksi Kittisak Phomvongsa (6'), Lextoxa Thongsavath (21'), Chitpasong Lattahachack (30'), serta brace dari Bounphachan Bounkong pada (38' dan 62').

 (Baca Juga: Karena Hal Ini, Pelatih Timnas U-19 Malaysia Tak Pedulikan Peluang Lolos ke Semifinal)

Dengan kemenangan ini, pelatih timnas U-19 Laos, Chusak Sriphum, mengaku senang karena berhasil memetik kemenangan untuk kali pertama di ajang ini.

"Hari ini kami bermain kurang bagus, tetapi saya senang tim akhirnya mampu meraih kemenangan," ujar Chusak dalam konferensi pers selepas pertandingan.

(Baca Juga: Pelatih Timnas U-19 Thailand Ungkap Keuntungan saat Hadapi Indonesia di Laga Penentuan)

Namun demikian, Chusak Sriphum masih belum puas dengan penampilan anak asuhnya. Menurutnya, pemain Laos masih kurang mampu dalam mengembangkan permainan.

Hasilnya, mereka tidak mampu mengontrol jalannya pertandingan secara dominan.