Umpan Silang, Penyebab Utama Kebuntuan Timnas U-23 Indonesia pada Babak I ke Gawang Hong Kong

By Verdi Hendrawan - Senin, 20 Agustus 2018 | 20:09 WIB
Para pemain timnas U-23 Indonesia (baju merah) saat berhadapan dengan Hong Kong pada pertadingan Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, pada Senin (20/8/2018). (HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM)

Timnas U-23 Indonesia masih tertinggal 0-1 dari Hong Kong pada babak pertama pertandingan matchday terakhir Grup A Asian Games 2018 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, pada Senin (20/8/2018).

Pada pertandingan tersebut, timnas U-23 Indonesia tertinggal 0-1 akibat tandukan Lau Hok Ming pada menit ke-38 setelah mampu menyambut umpan Wu Chun Ming di mulut gawang lawan.

Padahal sepanjang babak pertama, Indonesia mampu mendominasi pertandingan lebih banyak dengan memiliki 59 persen penguasaan bola.

Namun, para pemain Indonesia hanya mampu menciptakan 2 tembakan tepat sasaran melalui sepakan spekulatif dari Putu Gede Juni Antara dan Rezaldi Hehanussa.

Ketidakmampuan lini serang Indonesia menembus pertahanan Hong Kong ini sebagian besar disebabkan oleh umpan-umpan silang tidak akurat, terutama dari Febri Hariyadi dan Irfan Jaya.

(Baca Juga: 'Jose Mourinho Tak Layak untuk Manchester United')

Seperti dikutip BolaSport.com dari Labbola, sepanjang babak pertama Indonesia melepaskan total 10 umpan silang.

Namun, tidak satu pun dari umpan-umpan tersebut berhasil mengarah ke rekan-rekan yang ada di dalam kotak penalti lawan.

Padahal, fokus serangan Indonesia selalu dititikberatkan kepada dua sektor sayap dengan memanfaatkan kesepatan yang dimiliki Febri Hariyadi dan Irfan Jaya.