5 Pujian Setinggi Langit Pelatih Timnas Mauritius untuk Skuat Garuda dan Sepak Bola Indonesia

By Adif Setiyoko - Rabu, 12 September 2018 | 09:55 WIB
Gelandang timnas Indonesia, Evan Dimas, bersama dengan Rizky Pora, usai mencetak gol ke gawang timnas Mauritius dalam laga uji coba di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Jawa Barat, Selasa (11/9/2018) ( HERKA YANIS PANGARIBOWO/TABLOID BOLA )

Pelatih timnas Mauritius, Francisco Filho Joaquim, menjadi salah satu sosok yang banyak disorot dalam pertandingan uji coba internasional kontra Indonesia di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Selasa (11/9/2018).

Timnas Mauritius kalah tipis 0-1 dari timnas Indonesia lewat gol semata wayang Evan Dimas yang memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Dedik Setiawan pada menit ke-89.

Sosok Francisco Filho sebetulnya bukan orang "biasa-biasa" saja di dunia kulit bundar.

(Baca Juga: Media Polandia Sebut Egy Maulana Vikri Berjasa Besar atas 'Glorifikasi' Lechia Gdansk)

Lahir di Sao Paulo, Brasil, 77 tahun silam, dulunya Filho adalah pemain sepak bola yang pernah memperkuat Nimes, Besancon, Boulogne, dan Toulouse.

Setelah pensiun pada 1972, Filho menjajaki dunia baru dengan berkarier sebagai pengembang bakat bersama Federasi Sepak Bola Prancis (FFF).

Kala itu, Filho turut menelurkan pemain-pemain yang kelak bakal menjadi legenda dunia seperti Jean-Pierre Papin, Eric Cantona, dan Thierry Henry.

Keberhasilannya tersebut membuat Manchester United tertarik merekrutnya pada 2002. Filho diposisikan sebagai pengembang bakat talenta muda.

(Baca Juga: Alasan Beto Tak Dipanggil Hingga Penjemputan Luis Milla di Bandara Soekarno Hatta)