Timnas U-16 - Garuda Asia Dilarang Minum Ini Selama di Malaysia

By Ferril Dennys Sitorus - Sabtu, 22 September 2018 | 19:17 WIB
Suporter Indonesia mendukung Timnas U-16 Indonesia Vs Iran di Stadion Nasional Bukit Jalil, Malaysia pada Jumat (21/9/2018). (twitter.com/theafcdotcom)

Setelah berada di Malaysia selama hampir satu bulan, bek kiri tim nasional sepak bola U-16 Indonesa Mochamad Yudha Febrian tampaknya terkesan dengan beberapa hal di di Negeri Jiran.  

Satu yang paling disukainya adalah makanan. Pemain asal Bogor, Jawa Barat tersebut mengaku selalu lahap mengonsumsi penganan yang disuguhkan.

"Saya suka salad, kentang dan sayur-sayuran di sini," ujar alumnus SSB Cibinong Putra tersebut ketika ditemui di Selangor, Malaysia, Sabtu (22/9/2018).

Yudha mengakui bahwa jenis menu yang disebutkannya bukanlah khas Malaysia.

Para pewarta yang mendengar itu pun buru-buru memberikan pertanyaan. Sudah pernah coba teh tarik yang tenar di Negeri Jiran?

"Belum, belum pernah coba. Tidak dibolehkan pelatih," jawab Yudha yang langsung tertawa lebar setelahnya.

Demi mempersiapkan diri untuk Piala U-16 Asia 2018 yang digelar di Malaysia, Mochamad Yudha dan rekan-rekan memang sengaja tiba lebih awal di negara serumpun Indonesia itu untuk melakukan pemusatan latihan dan menjalani beberapa laga uji coba.

Pelatih timnas U-16 Indonesia Fakhri Husaini ingin anak-anak asuhnya membiasakan diri dengan situasi Malaysia sebelum berlaga di Piala Asia

Keputusan itu tampaknya membawa hasil positif setelah pada laga pertama Grup C Piala U-16 Asia 2018, Indonesia sukses menaklukkan Iran dengan skor 2-0 berkat gol Amiruddin Bagus (4') dan Amiruddin Bagas (90+1').

"Dari laga tersebut, saya mendapatkan pengalaman yang berharga, baik dari sisi teknik, fisik maupun ketenangan bermain," tutur Yudha.