Jelang Piala AFF 2018, Pelatih Timnas Vietnam Ungkap Bobrok Sepak Bola ASEAN Soal Pengaturan Skor

By Adif Setiyoko - Kamis, 25 Oktober 2018 | 12:42 WIB
Pelatih timnas U-23 Vietnam, Park Hang-seo dalam jumpa pers pasca laga kontra UEA untuk perebutan posisi ketiga sepak bola Asian Games di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (1/9/2018). (ALVINO HANAFI/BOLASPORT.COM)

Beberapa hari menjelang bergulirnya Piala AFF 2018, pelatih timnas Vietnam, Park Hang-seo, mengungkap borok yang saat ini masih menjangkiti dunia sepak bola Asia Tenggara.

Park Hang-seo mengatakan, dia telah mendengar tentang kebobrokan sepak bola ASEAN yang masih diwarnai dengan skandal match-fixing atau pengaturan skor.

"Saya telah mendengar 'skuat hitam' di Asia Tenggara selalu mendapatkan jalan untuk melakukan pengaturan skor di ajang Piala AFF," ujar Park mengungkapkan.

(Baca Juga: Selebrasi Timnas U-19 Indonesia di Ruang Ganti Disorot Media Asing Sebagai Tonggak Sejarah Baru)

Meski demikian, Park Hang-seo percaya bahwa para pemainnya tidak akan terlibat dalam lingkaran setan ini.

"Saya percaya pemain-pemain yang ada saat ini telah teredukasi."

"Mereka pasti memahami betul konsekuensi berat yang bakal mereka alami apabila terbukti terlibat dalam skandal pengaturan skor," katanya menjelaskan.

Selain itu, ahli strategi asal Korea Selatan itu juga memastikan bahwa Federasi Sepak Bola Vietnam (VFF) telah mempersiapkan upaya untuk mencegah kelompok ini memengaruhi pemain Vietnam.

(Baca Juga: Media Asing Sebut Timnas U-19 Indonesia Tetap Bermain dengan 11 Pemain Meski Dapat Kartu Merah)