Pelatih Pengubur Mimpi Timnas Indonesia di Piala AFF Sebut Satu Tim Berkekuatan Besar di Asia Tenggara Saat Ini

By Metta Rahma Melati - Senin, 29 Oktober 2018 | 20:21 WIB
Mantan pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang (kiri) mendapatkan anugerah AFF Award 2017 yang diserahkan oleh Direktur Timnas Indonesia, Danurwindo di Sofitel Hotel Nusa Dua, Bali pada Sabtu (23/9/2017). (YAN DAULAKA/BOLASPORT.COM)

Mantan pelatih timnas Thailand pada Piala AFF 2016, Kiatisuk Senamuang menilai ada satu tim nasional yang memiliki perkembangan positif menjadi tim berkekuatan besar di Asia Tenggara.

Pelatih yang pernah mengubur mimpi timnas Indonesia menjuara Piala AFF 2016 itu menyebutkan Vietnam adalah tim kuat Asia Tenggara saat ini.

Sekadar informasi, Kiatisuk mengantarkan timnas Thailand menjuarai Piala AFF 2014 dan 2016.

Di mana pada Piala AFF 2016, Thailand mengalahkan timnas Indonesia di partai final.

Kiatisuk pun membandingkan sepak bola Vietnam dengan Thailand.

Menurut Kiatisuk sepak bola Vietnam mendekati Thailand.

"Beberapa tahun yang lalu saya mengatakan bahwa sepak bola Vietnam akan membutuhkan waktu 10 tahun lagi untuk menyusul Thailand di level tim nasional," ujar Kiatisuk Senamuang, dikutip BolaSport.com dari Bongda.

(Baca Juga: Piala AFF 2018 - Sebut Tim Besar, Kiper Singapura Bicara Tekanan Melawan Timnas Indonesia)

"Pada saat itu, kami memiliki generasi emas kemewahan Asia. Kemudian, itu adalah waktu ketika saya memimpin timnas Thailand. Tapi saya telah melihat kemajuan besar sepak bola di Vietnam, terutama pada tahun 2018 di mana menjadi runner-up di Asia," ujarnya.

Timnas U-23 Vietnam mampu melaju ke partai final Piala Asia U-23 2018.