Piala AFF 2018 - Kepada Media Vietnam Ponaryo Astaman Beri Pengamatan soal Timnas Vietnam, Kalah pada Saat Menentukan

By Metta Rahma Melati - Jumat, 2 November 2018 | 08:57 WIB
Ponaryo Astaman, mantan kapten timnas Indonesia yang kini menjabat General Manager Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI). (WESHLEY HUTAGALUNG/BOLASPORT.COM)

Menjelang Piala AFF 2018, mantan gelandang timnas Indonesia Ponaryo Astaman berkesempatan untuk memberikan komentarnya soal timnas Vietnam.

Kepada media Vietnam Zing, Ponaryo Astaman memberikan pengamatannya soal timnas Vietnam.

BolaSport.com melansir dari media tersebut, Ponaryo Astaman menyebutkan timnas Vietnam memiliki masalah yakni kalah di saat yang menentukan.

"Vietnam selalu merupakan tim kuat di Asia Tenggara tetapi masalah mereka selalu mengejutkan ketika kalah pada saat yang menentukan," ujar Ponaryo Astaman.

"Mereka selalu punya generasi pemain berkualitas, permainan yang terorganisir dengan baik seperti timnas U-19 Vietnam, tetapi tersingkir pada momen yang menentukan," ujar mantan gelandang timnas Indonesia itu.

Salah satunya 'ketidakberuntungan' timnas Vietnam adalah melawan Indonesia pada leg kedua babak semifinal Piala AFF 2016 yang dihelat di My Dihn Stadium.

Kiper timnas Vietnam Nguyen Manh diganjar kartu merah akibat menendang punggung Bayu Pradana.

Namun, pelatih Huu Thang tidak bisa berbuat banyak karena sudah melakukan pergantian pemain sebanyak tiga kali.

Kehilangan pemain justru memantik semangat juang pemain Vietnam. Mereka dapat mencetak dua gol untuk berbalik unggul 2-1 (agregat 3-3) dan memaksa pertandingan dilanjutkan dengan perpanjangan waktu.