Soal Polemik Absennya Pemain Papua, Bima Sakti Ungkap Sempat Berniat Panggil Todd Rivaldo

By Muhammad Robbani - Minggu, 4 November 2018 | 17:06 WIB
Pemain timnas U-19 Indonesia, Todd Rivaldo Ferre, beraksi pada laga fase grup Piala Asia U-19 2018 kontra Qatar di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (21/10/2018). ( FERRI SETIAWAN/SUPERBALL )

Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti mengungkapkan bahwa dia pernah punya niatan untuk menyertakan Todd Rivaldo Ferre untuk Piala AFF 2018.

Itu diungkapkan Bima Sakti saat ditanya soal polemik absennya pemain Papua untuk timnas Indonesia pada Piala AFF mendatang.

Semenjak Piala AFF masih bernama Piala Tiger pada edisi 1996, pemain-pemain Papua selalu menghiasi skuat timnas Indonesia sampai edisi 2016.

Seperti misalnya Aples Tecuari, Erol FX Iba, Elie Aiboy, Boaz Solossa, Okto Maniani, atau pun Yanto Basna.

Todd Rivaldo Ferre sendiri bukan pemain asing bagi Bima Sakti karena dia lah yang memanggil pemain asal Papua itu ke timnas U-19 Indonesia pada laga uji coba melawan timnas U-19 Jepang, akhir Maret 2018.

Saat itu Bima Sakti kebetulan sedang dipercayai PSSI memegang timnas U-19 Indonesia, meski pada akhirnya jabatan itu harus berakhir pasca laga uji coba kontra timnas U-19 Jepang.

"Saya sempat tertarik sama Todd, di situ saya memilih saat saya diberikan kesempatan untuk memegang U-19 lalu," kata Bima Sakti setelah acara AFF Trophy Tour, di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (4/11/2018).


Pemain dan pelatih timnas Indonesia yakni Andritany Ardhiyasa, Febri Hariyadi, serta Bima Sakti saat menjawab pertanyaan wartawan di di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Minggu (4/11/2018).(MUHAMMAD ROBBANI/BOLASPORT.COM)

"Walaupun hanya beberapa bulan. Waktu itu saya ingin. Tapi minimal saya juga ingin menjaga karier dia, dia masih 19 tahun," ujarnya menambahkan.