Piala AFF 2018 - Hadapi Timnas Indonesia, Timor Leste Nyaris Ciptakan Sejarah Besar di SUGBK

By Adif Setiyoko - Rabu, 14 November 2018 | 17:35 WIB
Para pemain timnas Indonesia merayakan kemenangan atas Timor Leste pada laga kedua Piala AFF 2018 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018). (Tribunnews.com)

Timnas Timor Leste hampir saja mencatatkan sejarah baru saat menghadapi timnas Indonesia pada babak penyisihan Grup B pada ajang Piala AFF.

Pada laga melawan timnas Indonesia yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta, Selasa (13/11/2018), Timor Leste sempat unggul 1-0 pada awal babak kedua.

Namun, akhirnya mereka harus mengakui keunggulan timnas Indonesia setelah tim tuan rumah mencetak tiga gol balasan.

(Baca Juga: Piala AFF 2018 - Angka 3000 dari Indonesia yang Bikin Thailand Cemas)

Timor Leste secara mengejutkan mampu mencetak gol pada menit ke-48, lewat sepakan keras Rufino Walter Gama dari luar kotak penalti.

Seandainya Timor Leste terus mempertahankan keunggulan atau minimal seri, itu menjadi sejarah baru karena menjadi kemenangan atau poin perdananya dalam keikutsertaannya di Piala AFF.

Baca Juga: 

Timor Leste tercatat pertama kali ikut di Piala AFF pada edisi 2004 (masih bernama Piala Tiger). Namun, saat itu Timor Leste selalu kalah di empat laga.

Setelah itu, Timor Leste tak pernah lagi ikut karena selalu gagal lolos kualifikasi, sebelum akhirnya mereka tampil kembali di Piala AFF 2018 setelah menyisihkan Brunei di babak kualifikasi.