Piala AFF 2018 - Empat Negara yang Dinilai Presiden FAT Mempersulit Thailand Pertahankan Gelar Juara

By Metta Rahma Melati - Kamis, 15 November 2018 | 07:46 WIB
Somyot Poompunmuang (Phuket News)

Presiden Asosiasi Sepak Bola Thailand (FAT), Somyot Poompanmoung, menilai ada sejumlah negara yang akan membuat usaha Thailand mempertahankan gelar Piala AFF jauh lebih sulit pada edisi 2018.

Timnas Thailand telah memenangkan gelar Piala AFF pada edisi 2014 dan 2016, pada Piala AFF 2018 tim besutan Milovan Rejevac itu memulai langkah positif dengan menang 7-0 atas Timor Leste di laga pertama Grup A.

"Kami selalu ingin menang dan kami selalu ingin melakukan yang terbaik tetapi kami tahu bahwa standar di wilayah ini sedang membaik," ujar Somyot Poompanmoung, dikutip BolaSport.com dari ESPN.

Somyot Poompanmoung pun menyebut sejumlah negara yang sedang mengalami peningkatan dan meraka memiliki ambisi untuk Piala AFF 2018.

"Kita dapat melihat bahwa Malaysia dan Singapura sedang berkembang dan negara-negara ini memiliki banyak sejarah di wilayah ini. Filipina telah membaik dan mereka juga merekrut pelatih terkenal, Sven-Goran Eriksson. Semua tim ini memiliki ambisi," ujar Somyot Poompannmoung.

Malaysia pernah menjuarai Piala AFF pada edisi 2010, sementara Singapura telah empat kali meraih gelar pada Piala AFF edisi 1998, 2004, 2007, dan 2012.

"Mereka semua dalah saingan kami dan kami merasa terhormat bahwa mereka adalah saingan kami," ujarnya.

Selain itu Somyot Poompanmoung juga percaya Vietnam adalah ancaman.

(Baca Juga: Piala AFF 2018 - Presiden FAT: Tak Sulit Kalahkan Indonesia)

"Mereka juga akan menjadi lawan yang tangguh tetapi jika kami ingin memenangkan gelar lagi maka kami harus menjadi yang terbaik," ujarnya.