Ponaryo Astaman Miris dengan Aksi Boikot Dukungan untuk Timnas Indonesia

By Muhammad Robbani - Sabtu, 17 November 2018 | 14:50 WIB
Pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti memeluk bek Fachrudin Aryanto seusai skuat Garuda menang atas Timor Leste pada laga kedua Grup B Piala AFF 2018 di SUGBK, 13 November 2018. ( FERI SETIAWAN/SUPERBALL.ID )

Legenda hidup sepak bola nasional, Ponaryo Astaman mengaku prihatin dengan gerakan memboikot dukungan terhadap timnas Indonesia yang sedang bertanding pada Piala AFF 2018.

Tagar #KosongkanGBK sempat populer di Twitter saat timnas Indonesia memainkan laga kandang melawan timnas Timor Leste pada matchday kedua fase Grup B Piala AFF.

Hasilnya, hanya ada 15 ribu penonton yang menyaksikan langsung pertandingan yang digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Selasa (13/11/2018).

Gerakan pemboikotan itu diduga karena kekecewaan masyarakat terhadap federasi (PSSI) dan juga anjloknya permainan timnas Indonesia saat takluk 0-1 dari tuan rumah timnas Singapura pada matchday pertama Piala AFF.

"Kalau saya sebagai mantan pemain, prihatin dengan yang terjadi di suporter dan masyarakat belakangan ini," kata Ponaryo kepada wartawan, Jumat (16/11/2018).

"Karena bagaimana pun situasinya, terlepas dari apapun itu, timnas bertanding tanpa membawa masalah dimanapun."

(Baca juga: Andik Vermansah dan Evan Dimas Menuju Liga Thailand 2019)

"Misalnya itu ada masalah di federasi seperti yang banyak masyarakat katakan tapi timnas bertanding tidak hanya mewakili federasi, timnas bertanding tidak hanya mewakili PSSI," ujarnya.

Menurut pelatih Borneo FC U-19 itu, timnas Indonesia bertandinga dengan membawa kepentingan negara sehingga masyarakat harus memberikan dukungan penuh.