Kensuke Takahashi Blak-Blakan Soal Target dan Kesulitan Timnas Futsal Indonesia

By Any Hidayati - Minggu, 18 November 2018 | 19:37 WIB
Konferensi pers Grand Final Pocari Sweat Futsal Championship 2018 dengan perwakilan sponsor, Ricky Suhendar (dua dari kanan), dan pelatih timnas futsal Indonesia, Kensuke Takahashi (dua dari kiri) di GOR Sritex Arena, Solo pada Minggu (18/11/2018). (ANY HIDAYATI/BOLASPORT.COM)

Pelatih tim nasional futsal Indonesia, Kensuke Takahashi, blak-blakan soal kondisi internal anak asuhnya di konferensi pers Pocari Sweat Futsal Championship (PSFC) 2018, Minggu (18/11/2018) di GOR Sritex Arena, Solo.

Pelatih berkebangsaan Jepang tersebut mengatakan jika kesulitan paling mendasar di tubuh timnas futsal Indonesia adalah persoalan taktik.

"Saya tidak merasa ada kesulitan. Jika mereka ingin berkembang maka seiring berjalannya waktu mereka pasti bisa," kata Kensuke Takahashi kepada awak media termasuk BolaSport.com.

"Yang paling mendasar adalah taktik pemain. Dengan adanya turnamen seperti ini mungkin bisa sedikit membantu saya," lanjutnya.

Kensuke Takahashi juga berbicara soal target timnas futsal Indonesia setelah meraih peringkat ketiga di ajang Piala AFF Futsal 2018 di Yogyakarta awal bulan lalu.

"Targetnya adalah ikut AFC. Tidak bisa langsung naik, tetapi sedikit demi sedikit untuk bisa mencapai target tersebut," kata Kensuke antusias.

Sementara itu, PSFC yang merupakan ajang futsal antar-pelajar pun menjadi salah satu cara yang ditempuh Kensuke untuk memenuhi target timnas futsal Indonesia.

Kensuke Takahashi melakukan observasi di ajang PSFC 2018 untuk mencari bibit baru sekaligus mempelajari taktik dari para tim pelajar yang mungkin bisa diterapkan untuk anak asuhnya.

Meski demikian, pria asal Jepang ini melihat jika bukan perkara mudah untuk menyaring bakat muda yang secara fisik masih kurang.