Kedatangan Firza Andika, UD Alzira Sudah Tak Asing dengan Timnas Indonesia

By Bagas Reza Murti - Rabu, 28 November 2018 | 14:58 WIB
Bek kiri Timnas U-19 asal PSMS Medan, Firza Andika (kanan), dalam pemusatan latihan di Universitas Negeri Yogyakarta, Rabu (23/5/2018). (DEODATUS/BOLASPORT.COM)

UD Alzira, klub kasta keempat Liga Spanyol yang saat ini menjadi tempat trial Firza Andika, ternyata bukan tempat asing bagi timnas Indonesia.

UD Alzira baru saja mengonfirmasi kedatangan bek kiri timnas U-19 Indonesia, Firza Andika untuk melakukan trial pada Selasa (27/11/2018).

Sebelumnya, Firza terlebih dahulu menjalani trial di Belgia bersama AFC Tubize selama 3 minggu.

"Bek kiri berusia 19 tahun, Firza Andika kemarin mulai berlatih dengan UD Alzira. Semoga sukses dalam perjalanan baru anda. Firza telah bermain untuk timnas U-19 Indonesia," tulis U.D Alzira.

(Baca juga: Lama di Bundesliga, Bek Jepang Ini Dikabarkan Gabung Wakil Thailand untuk Liga Champions Asia)

Ternyata, UD Almira bukan tempat asing untuk pemain timnas Indonesia.

Sebelum Firza Andika, para pemain timnas Indonesia untuk persiapan Piala AFF 2014 pernah menggunakan markas UD Alzira, Luis Suner Pico Stadium untuk laga ujicoba.

Dalam pemusatan latihan yang berlangsung pada 22 Maret hingga 4 April 2014 tersebut, timnas Indonesia memainkan 3 laga, yaitu melawan timnas Andorra (menang 1-0), timnas Kuba (kalah 0-1), dan Villareal B (menang 1-0).

Lawan terakhir timnas senior saat itu seharusnya bukan Villareeal B, melainkan Elche. Namun karena bentrok dengan jadwal Liga Spanyol, akhirnya Villareal B yang menjadi penutup tur Spanyol tim asuhan Alfred Riedl kala itu.


Aksi gelandang timnas Indonesia, Raphael Maitimo, saat melawan Filipina dalam laga Piala AFF 2014 di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa 25 November 2014.(DOK. BOLA/ARIEF BAGUS PRASETIYO)