Bahaya! 10 Tahun Lagi, Sepak Bola Indonesia Bisa Disalip Timor Leste

By Estu Santoso - Rabu, 11 Oktober 2017 | 21:45 WIB
Selebrasi pemain Timor Leste setelah mencetak gol ke gawang Kepulauan Mariana Utara dalam lanjutan Kualifikasi Piala Asia U-16 2018, Minggu (24/9/2017). (DOK. AFC)

BOLASPORT.COM – Eks striker timnas Indonesia, Rochi Putiray memberikan peringatan bagi sepak bola Tanah Air akan ancaman dari tetangga terdekat negeri ini, Timor Leste.

Rochi Putiray yang selama tiga bulan berkarier sebagai pelatih di Timor Leste pertengahan 2017 mengatakan soal perkembangan sepak bola negara baru itu.

Menurut eks pemain Arseto Solo dan Persija Jakarta itu, sepak bola Timor Leste untuk saat ini belum memiliki tatanan bagus.

Tetapi, Federasi Sepak Bola Timor Leste (FFTL) memiliki visi ke depan yang mulai dimaksimalkan.

”Untuk kompetisi, mereka baru punya dua level liga. Tetapi, target Timor Leste bisa main di level Asia untuk klub mereka pada 2019,” tutur Rochi, Rabu (11/10/2017).

(Baca juga: Rochi Putiray Sebut Evan Dimas Bodoh, Jika...)

Sepak bola Timor Leste diakui Rochi mulai serius membina pemain dari level usia dini untuk beberapa tahun ke depan.

Hal itu juga berlaku dengan pengiriman pemain muda Timor Leste ke Portugal.

”Banyak pemain muda Timor Leste yang kini ada di Portugal, mereka bisa jadi kekuatan bagus negerinya di masa depan,” kata Rochi.


Eks striker timnas Indonesia, Rochi Putiray saat menghadiri peluncuran Nitro Cup 2017 di Fisik Football, Daan Mogot, Jakarta Barat, Rabu (11/10/2017). (ESTU SANTOSO/BOLASPORT.COM)