Tanggapan Mario Gomez soal Gelar Suporter Terbaik Piala Presiden 2018 untuk Bobotoh

By Adif Setiyoko - Selasa, 20 Februari 2018 | 17:16 WIB
Eskpresi pelatih Persib Bandung, Mario Gomez, saat timnya melawan Sriwijaya FC di Piala Presiden 2018, Selasa (16/1/2018). (HERKA YANIS/BOLASPORT.COM)

Pelatih Persib Bandung, Roberto Carlos Mario Gomez, memberikan pujiannya terhadap prestasi suporter atau bobotoh yang berhasil menyabet gelar suporter terbaik pada Piala Presiden 2018.

Mario Gomez menyebut, bobotoh merupakan suporter yang memiliki basis jumlah pendukung yang sangat besar.

"Selamat buat bobotoh sudah terpilih menjadi suporter terbaik di Piala Presiden. Saya tahu kami ini memiliki suporter terbesar di Indonesia," Kata Gomez, seperti dilansir BolaSport.com dari Kompas.com, Senin (19/2/2018) kemarin.

(Baca Juga: Keterbukaan, Romantisme, dan Gairah Sepak Bola pada Piala Presiden 2018)

Selama menjadi pelatih sejumlah klub di Eropa dan Asia, Gomez mengaku belum pernah melihat suporter yang memiliki militansi tinggi seperti bobotoh.

Bobotoh, kata Gomez, selalu terlihat hadir dan memberikan dukungannya saat Persib berlatih atau saat uji coba di luar daerah sekalipun.

Hal itulah, menurut Gomez, yang menjadi pembeda antara bobotoh dengan suporter klub lain yang pernah ia tangani.

"Saya sudah pernah berkarier di banyak negara, seperti Italia, Spanyol, Yunani, Ekuador, Hongkong, dan sekarang di Indonesia.

"Di setiap daerah yang saya kunjungi, seperti Yogya, Batam, dan Jepara, mereka selalu ada dan jumlahnya sangat besar. Itulah perbedaannya," kata Gomez.

Loyalitas dan dukungan besar bobotoh, kata Gomez, sangat penting bagi perkembangan tim dan pemain secara individu.