Minta Terens Puhiri Total Beradaptasi, Comvalius Sebut Nasi Goreng dan Soto Ayam

By Muhammad Robbani - Minggu, 25 Februari 2018 | 19:51 WIB
Striker Suphanburi FC, Sylvano Comvalius gagal mencetak gol saat berhadapan dengan kiper Nakhon Ratchasima FC, Samuel Cunningham pada laga pekan kedua Liga Thailand 1 di Stadion Municipality, 17 Februari 2018. (Dok. Suphanburi FC)

Penyerang Suphabnuri, Sylvano Comvalius menyarankan pemain Port FC, Terens Puhiri untuk total beradaptasi dengan kultur di Thailand.

Menurut Comvalius, adaptasi adalah proses yang sangat vital bagi seorang pemain asing untuk meraih kesuksesan di negeri orang.

Comvalius tak ragu mengakui bakat besar yang dimiliki pemain muda Indonesia itu terkait kualitas individu dalam diri Terens.

Hanya saja, kemampuan individu seorang pemain tak akan berarti jika tak bisa atau mau beradaptasi.

"Selain kualitas individu, seorang pemain harus rela berkorban untuk bisa menaklukkan sesuatu. Apa yang mereka inginkan dalam karier, tergantung dari hal yang ingin dicapai" kata Comvalius kepada BolaSport.com belum lama ini.

"Adaptasi adalah keharusan. Thailand sangat berbeda dengan Indonesia. Karena bahasanya berbeda, itu sulit, makanannya pun berbeda. Tetapi, jika punya tekad kuat untuk berkembang, tentu harus rela berkorban," ujarnya.

Mantan pemain Bali United itu bahkan juga menyebut bahwa menyantap makanan lokal merupakan bagian dari adaptasi.

"Jika Terens cuma mau makan nasi goreng dan soto ayam, dan tak mau makanan lain (di Thailand), itu akan menjadi sulit. Kalau mau nyaman lebih baik bertahan saja di negara asal," kata pemain asal Belanda itu.

"Saya tahu buat pemain Indonesia ini tidak mudah untuk pindah ke negara lain. Sama halnya buat pemain Thailand, juga akan menemui kesulitan yang sama ketika pindah ke Indonesia," tutur pemain yang pernah menimba ilmu bersama Ajax Amsterdam itu.

(Baca juga: Keren, Pemain asal Indonesia Jadi Bagian Penting Klub yang Menguasai Puncak Liga Thailand)