Ponaryo Astaman Ungkap Alasan Pensiun dari Sepak Bola

By Andrew Sihombing - Selasa, 27 Maret 2018 | 21:14 WIB
Ponaryo Astaman, mantan kapten timnas Indonesia yang kini menjabat General Manager Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI). (WESHLEY HUTAGALUNG/BOLASPORT.COM)

Eks kapten Timnas Indonesia, Ponaryo Astaman, menyebut faktor kenikmatan sebagai salah satu alasannya pensiun dari sepak bola.

Hal itu disampaikan oleh lelaki berusia 38 tahun tersebut dalam wawancara khusus dengan BolaSport.com pekan lalu.

"Alasan pertama adalah karena capai dan kemudian juga tidak merasakan kenikmatan bermain sepak bola di tahun-tahun sebelumnya," tutur pria kelahiran Balikpapan tersebut.

Adapun Ponaryo sudah dua dekade menjalani hidup di sepak bola sejak bergabung dengan tim junior Persiba Balikpapan pada 1997-1998.

(Baca Juga: Uang Muka Gaji Odemwingie Saja Rp 3 Miliar, Eks Kapten Timnas Optimistis Nilai Pemain Lokal Setara Asing)

Berbagai klub profesional telah diperkuatnya di level teratas kompetisi Indonesia, seperti PSM Makassar, Arema, Persija, hingga Sriwijaya FC.

Adalah bersama klub yang disebut terakhir itu Ponaryo meraih gelar ISL 2011-2012 plus empat mahkota juara lainnya.

Ponaryo, yang tercatat membela Timnas Indonesia selama 10 tahun sejak 2003, juga pernah memperkuat Melaka TMFC di kompetisi Negeri Jiran.

Hanya, pada tahun-tahun terakhirnya Ponaryo mengaku mengalami perasaan berbeda saat bermain bola.

"Saya pernah bilang akan berhenti bermain bila sudah tak bisa merasakan kenikmatan dalam sepak bola. Itu yang saya rasakan beberapa tahun sebelum pensiun," ujar Ponaryo.